Bupati Siak: Pramuka Harus Diminati Kaum Muda

Bupati Siak: Pramuka Harus Diminati Kaum Muda
Bupati Siak: Pramuka Harus Diminati Kaum Muda

Siak(SegmenNews.com)- Bupati Siak H Syamsuar selaku Kamabicab Gerakan Pramuka 09 Kwarcab Siak memimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke 54 di Bumi Perkemahan Tengku Buang Asmara, Jum’at 14 Agustus 2015.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Siak selaku KaKwarcab, Unsur forkopimda, sejumlah kepala SKPD dilingkungan pemerintah kabupaten Siak, pengurus kwarcab Siak, Ka Kwaran gerakan Pramuka sekabupaten Siak, dan Tokoh Pramuka.

Bupati Siak H Syamsuar selaku Irup Upacara membacakan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Dr. Adhyaksa Dault, SH, M.Si, Semoga peringatan hari pramuka ini dapat memotivasi semangat dan mempercepat kemandirian gerakan pramuka untuk mencapai keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang handal dan lebih baik pada masa depan.

Kaum muda dewasa ini di hadapkan pada dua masalah besar yaitu yang berkaitan dengan masalah sosial dan masalah kebangsaan. Masalah sosial mencakup maraknya penggunaan NAPZA dan obat terlarang pergaulan bebas yang berakibat tinggi nya hubungan seksual pra-nikah, kekerasan dan kriminalitas yang melibatkan kaum muda.

Sedangkan masalah kebangsaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia mencakup rendahnya solidaritas sosial, semangat berkebangsaan rendah ; semangat persatuan dan kesatuan rendah yang akhirnya berdampak pada rendahnya semangat bela negara, dan ancaman disintegrasi bangsa.

Ancaman ini tentu menjadi tanggungjawab semua komponen bangsa termasuk gerakan Pramuka. Gerakan pramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan pada tahun 1961 oleh bung Karno ditujukan untuk dapat menjadi perekat bangsa. Gerakan pramuka yang kini berusia 54 tahun tentu tidak sama suasana dan kondisinya ketika dilahirkan.

Oleh karna itu, perlunya diciptakan gerakan pramuka baru yang diminati kaum muda. Pramuka harus dapat mengikuti perkembangan kaum muda, tidak berkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini.

Pramuka baru harus keren, asyik, gembira, dan menyenangkan. Tantangan bagi para pembina pramuka yang harus selalu kreatif dalam pembina peserta didik digugus depan sehingga bangga menjadi pramuka . Begitu pula para pelatih hendaknya dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang relevan dengan zamannya tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan kepada para pembina pramuka.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Ketua Kwarda yang telah mengirimkan duta-duta terbaiknya dalam arena Jambore Dunia di Kirarahama, Yamaguchi, Jepang pada tanggal 28 Juli sd 8 Agustus 2015. Alhamdulillah semua kontingan telah kembali ketanah air dengan selamat dan telah berhasil menjadi duta bangsa Indonesia,” sampai Bupati juga.
Peringatan Hari Pramuka ke 54 bertemakan “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda” menyatakan bahwa komitmen dan tekad Gerakan Pramuka sangat tinggi terhadap pembentukan karakter kaum muda yang dapat melakukan perubahan bangsa kearah yang lebih baik.

Setelah upacara selesai Bupati Siak H Syamsuar Selaku Kamabicab bersama KaKwarcab H Alfedri didampingi Forkopimda menyerahkan Tanda Jasa Pancawarsa, Darma Bhakti, Tokoh Pramuka, Penghargaan Kwaran Tergiat, Gudep tergiat dan Pramuka Garuda 2015.

Pemberian tanda pengharagaan gerakan pramuka, piagam dan lencana Pancawarsa dari Kwarda Riau kepada Maryati, H. Jamaludin, H. Zulkifli, Gusnetti, Slamet Riyadi, H. Kadri Yafiz. Kwarcap Siak memutuskan pramuka garuda tingkat kwartir cabang Siak tahun 2015 kepada 48 orang sesuai dengan golongan dan kwartir ranting.

Kwarcab Siak memutuskan peringkat kwartir ranting dan gugusdepan tergiat adalah Kwaran Tualang sebagai peringkat pertama , Kwaran Siak sebagai peringkat kedua, Kwaran Dayun sebagai peringkat ketiga, Kwaran Sungai Mandau sebagai peringkat keempat, Kwaran Minas sebagai peringkat keenam, Kwaran Lubuk Dalam sebagai peringkat ketujuh, Kwaran Pusako sebagai peringkat kedelapan, Kwaran Sungai Apit sebagai peringkat kesembilan, Kwaran Koto Gasib sebagai peringkat kesepuluh, Kwaran Bunga Raya sebagai peringkat kesebelas, Kwaran Sabak Auh sebagai peringkat keduabelas, Kwaran Kandis sebagai peringkat ketigabelas, Kwaran Mempura sebagai peringkat keempat belas. Penghargaan Lencana Darma Bakti diberikan kepada H. Kadri Yafis, Elitha, Yendri Efendi, Supriyadi, H. Lukman, Nurjanah, Jon Efendi. Dipenghujung acara menampilkan atraksi dari Kwaran Siak, Tualan, Kandis dan Sungai Mandau.***(rinto/rls)