Jepang Serahkan Cairan Kimia Padamkan Asap

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yanuaki Tanizaki menyerahkan bantuan cairan kimia secara simbolik kepada Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, AM Fachir (Foto:Okezone)
Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yanuaki Tanizaki menyerahkan bantuan cairan kimia secara simbolik kepada Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, AM Fachir (Foto:Okezone)

Jakarta(SegmenNews.com)– Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki, menyerahkan bantuan zat kimia untuk membantu memadamkan asap. Bantuan diserahkan secara simbolik kepada Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, AM Fachir.

Dalam serah terima yang berlangsung di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jumat (16/10/2015), Jepang memberikan bantuan berupa cairan kimia pemadam api. Cairan ini diberi nama Miracle Foam a+. Negeri Matahari Terbit itu menyerahkan sebanyak 100 botol yang masing-masing berisi 20 liter cairan.

“Kami sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Jepang. Tidak hanya cairannya saja, tetapi juga tenaga ahli dikirimkan untuk kami. Ini adalah bukti kerja sama yang kuat di antara Indonesia dan Jepang,” ujar Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia, AM Fachir.

“Kami berharap, bantuan ini akan sangat efektif untuk memadamkan api di area Palembang. Bantuan ini akan langsung dikirimkan langsung ke lokasi pada esok hari atau Senin bersama tenaga ahli kami,” ujar Tanizaki saat menjawab pertanyaan dari media.

Bantuan berupa cairan kimia ini akan difokuskan untuk memadamkan titik api di area Palembang, Sumatera Selatan. Setiap botol cairan diharapkan akan mampu memadamkan api untuk area sekira 1.000 meter persegi. Cairan-cairan tersebut nantinya akan dicampur dengan air yang akan digunakan untuk memadamkan titik-titik api sehingga akan mengurangi asap.***

Red: hasran
Sumber: okezone.com