Pemprov Anggarkan Biaya tak Terduga Rp200 Miliar

Pemprov Anggarkan Biaya tak Terduga Rp200 Miliar
Pemprov Anggarkan Biaya tak Terduga Rp200 Miliar

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Pemprov Riau menganggarkan biaya tak terduga pada APBDP 2015 sebesar Rp200 miliar. Tujuannya untuk percepatan penanggulangan setiap bencana alam yang terjadi di Riau.

Seperti sekarang, bencana Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) telah berjalan sekitar tiga bulan. Sementara dana yang disediakan hanya sekitar Rp2 miliar. Maka permasalahannya sulit diselesaikan akibat dananya sudah habis.

“Maka pada APBDP ini kita anggarkan sebesar Rp200 miliar. Diharapkan dengan anggaran besar ini bisa menanggulangi penyelesaian bencana alam yang terjadi di Riau,” kata anggota Banggar DPRD Riau, Muhammad Adil, Selasa (27/10).

Dijelaskannya, anggaran Rp200 miliar ini diperuntukkan untuk kejadian tidak terduga. Selain Karlahut, juga dimanfaatkan untuk bencana lonsor, banjir dan lain lain. Jika tidak terpakai, maka biaya ini akan dikembalikan kepada negara atau masuk kedalam Silpa anggaran.

Namun jika ada bencana alam, Pemprov tinggal mencairkan saja tanpa harus menunggu proses pengesahan APBD. Jadi setiap kejadian bisa dengan cepat ditanggapi kedepan.

“Sebalumnya dari anggaran tak terduga dalam pembahasan KUA PPAS dimasukkan sekitar Rp10 miliar. Tetapi memikir banyak kejadian yang sulit diprediksi dan tidak diketahui kapan berakhirnya, maka dinaikkan menjadi Rp200 miliar,” ujar Adil.***(alind)