Soal Perbaikan Atribut, KPU Diminta Kirim SE ke Paslon

KPUPekanbaru(SegmenNews.com)- Calon Bupati Rohul, Suparman, meminta kepada KPU Riau maupun kabupaten/kota untuk mengirimkan Surat Edaran (SE) kepada pasangan calon, terkait membantu memperbaiki Alat perlengkapan Kampanye (APK) atau atribut yang rusak dan hilang.

Sebab, jika diperbaiki oleh pasangan calon tanpa instruksi KPU, takut akan menjadi masalah dalam prosedur kampanye. Sementara, atribut sangat penting untuk pengenalan diri pasangan calon kepada masyarakat pemilih dalam Pilkada.

“Kita sudah mendengar informasinya bahwa KPU meminta calon untuk memperbaiki atribut calon yang rusak atau hilang, yang dipasang oleh KPU dapat diperbaiki oleh calon sendiri. Namun tanpa dasar perintah melalui surat edaran maka nanti akan ditegur oleh KPU sendiri atau Banwaslu,” kata Suparman saat berkunjung ke DPRD Riau, Selasa (27/10).

Ia memahami, bahwa anggaran KPU terbatas. Sehingga mampu memasang atibut calon satu kali. Dan tidak mampu memperbaiki dan atau mengganti atribut yang hilang. Sementara pasangan calon menyanggupi beban yang diberikan oleh KPU kepada pasangan calon sepanjang ada prosedur yang jelas.

Disini, Suparman juga menyampaikan keluhannya, bahwa pemasangan atribut calon Kada banyak yang tidak adil. Hingga telah mengusik hati para pasangan calon. Dimana, pemasangan atribut incumbent lengkap dengan foto dipasang ditempat keramaian dan strategis. Sementara atribut calon lain, dipasang ditempat tidak strategis.

Perilaku pilih kasih ini dapat ditiru oleh tim sukses calon lain. Sehingga timbul hal yang tidak diinginkan oleh KPU. Oleh sebab itu, diharapkan KPU dapat mengantisipasi perbedaan itu. Sehingga terwujud pemasangan Alat Peraga Kampanye yang berkeadilan.

“Diakui kami melihat, atribut incumben 2,3 kali melanggar tidak ada mendapat teguran dari KPU dan Panwaslu. Kita saja baru satu kali langsung diambil tindakkan teguran. Untuk itu, diharapkan KPU harus bisa mengantisipasi bagaimana pemasangan atribut calob bisa berkeadilan,” jelas Suparman.***(alind)