Senator RI Dukung Penuh Percepatan KITB

Bupati Siak memberikan penjelasan
Bupati Siak memberikan penjelasan

Siak(SegmenNews.com)-Usai melakukan peninjauan ke Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB), Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) melaksanakan rapat koordinasi dan sinkronisasi dengan Pemprov Riau dan Pemkab Siak, serta jajaran kementerian dan instansi terkait di Pekanbaru, Senin (16/11/15).

Dalam rakor yang dibuka Ketua DPD RI Irman Gusman, dengan didampingi sejumlah senator asal Riau tersebut, dilaksanakan dengan agenda dengar pendapat seputar rencana percepatan pembangunan KITB di Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak.

Plt.Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman dalam sambutannya memaparkan pentingnya KITB bagi Riau sebagai kawasan yang pertama kali berhadapan dengan arus masuknya pengaruh pemberlakuan kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEAS) dari luar negeri.

“Melihat prospek dan potensinya, kami ingin membangun kawasan Riau pesisir sebagai pintu masuk, sekaligus sebagai upaya pemerataan infrastruktur pendukung perekonomian, KITB salah satunya” kata orang nomor satu Riau ini.

Sementara itu Ketua DPD RI Irman Gusman mengatakan, Indonesia akan menghadapi MEA yang menjadi peluang sekaligus tantangan dalam kurun waktu satu bulan, karena itu segala sesuatu harus dipersiapkan dengan baik.

“Dalam rangka menyerap aspirasi daerah, telah melihat langsung dan mendukung penuh KITB sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi Riau” kata Irman.

Lebih lanjut, dikatakan senator kelahiran Sumatera Barat itu, Provinsi Riau adalah salah satu kekuatan utama perekonomian di Indonesia, karena itu diperlukan infrastruktur yang baik melalui pembangunan KITB.

“Kita melihat pelabuhan Dumai sudah overloaded. Karena itu untuk meningkatkan daya saing daerah, KITB jadi agenda prioritas untuk diperjuangkan ditingkat pusat sekaligus dunia swasta nasional dalam Hal dukungan investasi” jelasnya dihadapan para pimpinan daerah dan senator dapil Riau yang turut hadir.

Bupati Siak H. Syamsuar yang hadir dalam kesempatan itu menyambut gembira dukungan yang diberikan DPD RI dan Pemprov Riau tersebut.

“Sesuai visi pembangunan, serta mempertimbangkan besarnya potensi SDA dan Geografis yang dimiliki, KITB sangat penting artinya bagi masa depan Kabupaten Siak dan Provinsi Riau” katanya.

Dalam paparannya, ia juga mengatakan KITB telah masuk dalam pembahasan MP3EI dan akses jalan menuju KITB sudah ditingkatkan statusnya oleh pemerintah pusat menjadi jalan nasional.

“Harapan kami percepatan KITB menjadi prioritas dan segera direalisasikan dan butuh dukungan pemerintah pusat diantaranya pembangunan akses jalan jalan, elektrifikasi, serta lanjutan pembangunan infrastruktur dermaga dan pelabuhan” sebut Syamsuar.***(rinto)