BBM Turun, Tarif Angkutan Umum Tak Ikut Turun

BBM Turun, Tarif Angkutan Umum Tak Ikut Turun
BBM Turun, Tarif Angkutan Umum Tak Ikut Turun

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Kebijakan pemerintah menurunkan tarif harga Bahan Bakar Minyak atau BBM diawal tahun lalu, ternyata tidak membuat Pemerintah Provinsi Riau menurunkan harga tarif angkutan umum di Riau.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau Rahmad Rahim mengatakan untuk sementara ini tidak ada penurunan harga tarif angkutan umum. Namun yang pasti, Dinas Perhubungan masih mengacu pada aturan pemerintah pusat.

“Jika ada intruksi untuk menurunkan tarif angkutan, maka kami akan melakukan penurunan. Namun sejauh ini belum ada intruksi penurunan itu,” katanya, Kamis (7/1/16).

Dia menambahkan penentuan untuk menaikkan atau menurunkan harga tarif angkutan umum itu, dengan melihat indikator batas ambang atas dan bawah. Kebijakan pemerintah menurunkan harga tarif BBM diyakini belum melewati batas ambang bawah.

Atas dasar itulah, penurunan atau penyesuaian tarif angkutan umum belum bisa dilakukan. Dia menambahkan penurunan BBM tahun ini masih sangat sedikit dibanding kenaikan BBM pada awal tahun 2015 lalu. Hal ini tentunya dianggap tidak akan memberi pengaruh yang signifikan terhadap pergerakan ekonomi masyarakat, termasuk penurunan tarif angkutan umum

Meski pemerintah telah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan Solar, namun pengusaha angkutan umum menilai penurunan tersebut tidak akan memberikan dampak kepada penurunan tarif angkutan. Seperti diketahui, pemerintah mengumumkan penurunan harga BBM untuk dua jenis yakni premium turun menjadi Rp 7.150 per liter dari harga awalnya Rp 7.300./liter, dan solar menjadi Rp 5.950/liter dari harga sebelumnya Rp 6.700/liter.

Sebelumnya, kabar diturunkannya harga BBM oleh pemerintah pusat diawal tahun, tentunya menjadi angin segar bagi masyarakat. Sebab dampak rill yang dirasakan masyarakat adalah penurunan harga sembako dan sektor ekonomi pasar lainnya. Namun demikian harapan itu sepertinya harus ditahan dulu mengingat penurunan harga BBM awal tahun lalu tidak terlalu memberi pengaruh signifikan terhadap pergerakan harga dipasaran.

Sementara untuk penurunan tarif angkutan umum pemerintah, seperti transmetro pekanbaru, akan dilakukan jika ada intruksi dari Pemerintah Kota Pekanbaru.***(bertuaP/ran)