Bupati Suyatno Buka Rakor Pencegahan Karhutla

Bupati Suyatno Buka Rakor Pencegahan Karhutla
Bupati Suyatno Buka Rakor Pencegahan Karhutla

Rohil(SegmenNews)-Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (9/2/16) menggelar rapat koordinasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan, rapat tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Rohil H Suyatno AMP, dihadiri seluruh jajaran Forkopimda Rohil, BPBD Riau, BMKG, para Camat serta Lurah, Datuk Penghulu se-Rohil.

Sementara itu untuk nara sumber langsung disampaikan oleh Kapolres Rohil AKBP  Subiantor, Dandim 0321 Rohil Bambang Sugisworo, BMKG Riau dan BPBD Riau, rapat ini digelar dengan tujuan untuk mengantisipasi sejak dini kebakaran hutan dan lahan yang akan terjadi saat musim kemarau tiba di Rokan Hilir.

Bupati Rohil H Suyatno AMP menyampaikan, rakor ini penting untuk dilaksanakan, mengingat sebentar lagi musim kemarau akan tiba, musim kemarau identik dengan musibah kebakaran hutan dan lahan seperti tahun sebelumnya.

Dalam kesempatan itu Suyatno juga menegaskan kepada masyarakat Rohil untuk tidak membuka lahan dan hutan dengan cara membakar,  tak cuma itu diminta kepada seluruh perangkat Desa dan Kecamatan untuk mengawasi wilayahnya masing masing dari musibah karhutla.Jika kedapatan masyarakat membakar lahan, maka Pemkab Rohil tidak memberikan ampun kepada sang pembakar tersebut.

Orang nomor satu di Rohil ini juga memberikan beberapa langkah dan strategi untuk mengantisipasi agar karhutla tidak terjadi dengan cara membentuk kelompok peduli api, membuat kanal, dan menyediakan alat pemadam yang memadai.

Suyatno juga mengajak kepada seluruh perusahaan yang beroperasi di Rokan Hilir untuk ikut serta dalam menangani Karhutla di Rohil.  Pemkab berharap setiap perusahaan harus memiliki satu kanal bloking sebagai wadah untuk memadamkan api jika Karhutla terjadi.***(Chan/Agus/adv)