Kadisnakan Rohul Klaim Stok Daging Sapi Mencukupi

Kadisnakan Rohul Klaim Stok Daging Sapi Mencukupi
Kadisnakan Rohul Klaim Stok Daging Sapi Mencukupi

Rohul(SegmenNews.com)- Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Kabupaten Rokan Hulu, Marjoko mengklaim, secara nasional kebutuhan daging didearahnya sudah terpenuhi.

Menurutnya perhitungan tersebut melihat ketersediaan sapi mencapai 47 ribu ekor, diternakkan oleh masyarakat baik melalui kelompok ternak maupun peternak secara perorangan. Sementara kebutuhan daging sapi di Rohul hanya 5 ekor sapi perharinya., kecuali hari-hari besar yang mencapai 10 sampai 15 ekor sapi.

“Ini sejalan dengan target pemerintah untuk menjadikan Riau dan Kabupaten Rohul menjadi penghasil daging terbesar. Kita juga sangat apresiasi kepada Bupati Rohul. Dengan menargetkan Rohul sebagai swasembada daging pada tahun 2016 ini,” ujar Marjoko.

Namun diakui Marjoko, meskipun kebutuhan daging di Rohul terpenuhi, tapi swasembada daging belum terlaksana atau berjalan maksimal. “Paling tidak Rokan Hulu saat ini sudah aman, pasalnya kebutuhan daging setiap harinya baru 5 ekor, dan jika hanya 5 ekor dengan jumlah sapi yang ada akan aman untuk beberapa tahun kedepan,” tukasnya.

Tahun 2016 ini, Disnakan Rohul tidak lagi memprogram pengadaan sapi untuk kelompok tani ternak, maupun perorangan, karena Rohul masih aman untuk kebutuhan daging dalam beberapa tahun kedepan.

“Kita belum tahu seperti apa nanti program dari bupati yang baru, sementara bupati depenitif saat ini, Achmad tidak lagi ada pengadaan sapi untuk tahun ini,” ujarnya.***(man)