Warga Sebut Illog Masih Marak di Pelalawan

Ilustrasi ilegal loging
Ilustrasi ilegal loging

Pelalawan(SegmenNews.com)- Berlokasi di sungai Kerumutan, di Kelurahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Propinsi Riau, sebagai gudang keluarnya Ilegal Loging (Illog).

Setidaknya 10 mobil truk atau coltdiesel yang mengangkut kayu tersebut keluar setiap malam. Aktifitas Illog itu berjalan aman karena dibisniskan langsung oleh oknum anggota TNI dari Pekanbaru berinisial WL.

Demikian disampaikan oleh salah seorang sumber yang bisa dipercaya dan minta pribadinya dirahasiakan oleh media ini di Pangkalan Kerinci, Rabu (2/3/16) lalu. Untuk menelusuri lokasi tumpukan ratusan kubik Illog itu tidaklah susah. Kurang lebih 1 jam masuk dari simpang Ukui menuju Kerumutan ke kantor Camat Kerumutan. Dari kantor Camat Kerumutan itu ada jalan Semenisasi ke arah sungai Kerumutan masuk kedalam kurang lebih 800 meter terdapat lokasi pemuatan kayu ke mobil. Pemuatan kayu itu ke mobil biasanya dilakukan tengah malam supaya aman agar tidak banyak yang mengetahui.

Sumber itu mengaku melihat langsung ada ratusan kubik tumpukkan kayu bahan jadi maupun kayu bulat berdiameter diatas rata-rata 60 CM pada Senin dua hari sebelum dilokasi tersebut. Sayangnya orang lain, selain anggota TNI tidak dibolehkan masuk di lokasi itu, apa lagi sampai memotret, terangnya.

Aktivitas keluarnya kayu ini dari lokasi tersebut, sudah berlangsung lama, namun sejauh ini belum pernah terlihat ada tindakan tindakan serius dari aparat penegak hukum. Menurutnya semua pihak yang berwewenang sudah mengatahui aktifitas itu, tapi tidak ada yang berani karena bisnisitu melibatkan oknum TNI.***(sona)