Ratusan Siswa SD Siak Sikat Gigi Masal

Ratusan Siswa SD Siak Sikat Gigi Masal
Ratusan Siswa SD Siak Sikat Gigi Masal

Siak(SegmenNews.com)- Ratusan siswa SD kembali menjadi sasaran Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Siak untuk mengajak dan merawat kesehatan gigi dan mulut, Jum’at (18/3/2016), tepat di lapangan taman mahratu depan Istana Asyerayah Alhasyimiyah dengan antusiasnya siswa-siswi mengikuti acara sikat gigi masal dengan diikuti 100 siswa.

Siswa SD sekecamatan Siak yang terdiri dari 8 sekolah serta para guru ikut dalam peringatan kesehatan gigi dan mulut.

“Untuk terus berbagi tentang kesehatan gigi dengan peringatan hari gigi dan mulut kami membuat acara dengan puncaknya pada hari ini dengan sikat gigi masal, target 100 siswa, dan kehadiran ini ternyata lbh dari target,”ujar Drg.

Akmal Hamdi selaku Kepala PDGI cabang Siak dalam aksinya tersebut, PDGI juga tidak sendiri. Ia dibantu dalam perlengkapan logistik dari PT Unilever, seperti pasta gigi, sikat gigi dan buku program 21 menyikat gigi.

Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Siak Alfedri serta dihadiri kepala Dinas Kesehatan Toni Candra, kepala RSUD Tengku Rafi’ah  dan para persatuan dokter gigi kabupaten siak.

Kepada siswa, PDGI memberikan paket alat kesehatan gigi dan mulut. Kemudian, dan membagikan buku pedoman program 21
hari menyikat gigi agar anak disiplin menggosok gigi dua kali, yang nantinya dipantau oleh orang tua siswa,  yaitu pagi sesudah sarapan dan sebelum tidur.

“Kita berikan juga buku catatan sebagai program 21 hari menyikat gigi yang dipantau oleh orang tua murid dan akan melaporkan ke sekolah,”ungkapnya.

Ketua PDGI Cabang Siak juga menjelaskan, giat sosialnya mengacu pada Keputusan Kongres FDI Word Dental Federation, pada September 2012 silam, di Hongkong.

Kegiatan yang sama juga dilangsungkan di seluruh Indonesia dengan target 150 ribu peserta.

Sikat gigi bersama murid SD se-kecamatan siak dari 8 sekolah ini di berlangsung di pukul 9.24 WIB. Selain itu sehari sebelum acara sikat gigi masal ini dilaksanakan pihak PDGI melakukan penyuluhan di SD N 01 Siak dengan memberikan nama kepada kandidat yang dinobatkan sebagai dokter kecil.

Adapun kegiatan yang dilangsungkan di lapangan taman Mahratu tepat depan Istana Asyerayah Al Hasyimiyah hanya sebagai bentuk simbolis.

“Jadi kegiatan sikat gigi masal ini sebagai puncak acara dalam memperingati hari kesehatan gigi dan mulut Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia, jika sebelumnya kita sudah adakan penyuluhan kesekolah salah satunya SD 01,”sebutnya.

Tujuan peringatan dengan kegiatan ini  ungkap Akmal, untuk menyumbangkan darma bakti para dokter gigi demi kepentingan bangsa dan negara. Sehingga derajat kesehatan yang dimulai dari gigi meningkat.

Meski cuaca terik menyengat menjelang siang hari siswa-siswi yang mengikuti acara tersebut dengan sangat antusiasnya mengikuti intrupsi yang dilakukan oleh salah satu dokter gigi, dengan di ikuti oleh wakil bupati, kepala dinas kesehatan, kepala RSUD Tengku Rafi’ah, camat siak dan dokter lainnya menggunakan gigi yang sampel yang di sediakan.

Ajakan kesehatan gigi dan mulut ini pun bertujuan untuk memberikan informasi kepada siswa-siswi dan masyarakat luas tentang ketetapan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia.

“Dengan adanya kegiatan sikat gigi masal ini nantinya dapat memberikan cara yang benar dalam menyikat gigi dan menjadi kegiatan yang menjadi kebiasaan untuk sikat gigi 2 kali sehari,” ujar dia.***(rinto)