Yuk Mancing di Perairan Sinaboi, Gudangnya Ikan Sembilang dan Gulamah

Pemancing memperoleh Ikan Sembilang di Perairan Sinaboi
Pemancing memperoleh Ikan Sembilang di Perairan Sinaboi

Sinaboi (SegmenNews.com) -Perairan Sinabol, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, saat ini bisa menjadi tujuan baru para pemancing mania. Selain keindahan alamnya yang mempesona, di perairan ini juga terkenal sebagai gudangnya Ikan Sembilang dan Ikan Gulamah.

Hal ini diakui Ketua Rohil Fishing Club (RFC), H Surya Arfan, saat memburu ikan dengan alat tangkap pancing, di tepian kuala Peraiaran Sinaboi, baru-baru ini,

Perairan Sinaboi yang berbatasan dengan Selat Melaka itu, seringkali menjadi sasaran tempat pemancingan untuk mengisi kegiatan hari libur.

“Potensi perikanan yang ada di lautan Sinaboi sangat banyak. Perairan itu sering menjadi buruan masyarakat yang hobi memancing. Hasilnya, setiap pemancing tidak pernah pulang merasa hampa dengan setiap orang membawa hasil pancingannya minimal 5 kilogram,” ujar Surya Arpan, yang juga Plt Sekdakab Rohil ini.

Para pemancing sering memasak hasil tangkapannya di dalam kapal yang telah disewa dari nelayan, ikan yang baru dapat langsung dimasak akan terasa manis dan memiliki banyak vitamin dan protein tinggi.

“Makanya kita akan berupaya semaksimal mungkin bagaimana perairan Sinaboi ini dikembangkan sebagai wisata pemancingan, jika hal ini terealisasi maka sangat diyakini akan mampu menambah pendapatan Asil Daerah (PAD),” ungkapnya.

Untuk memancing di Perairan Sinaboi dan sekitarnya pemancing cukup menggunakan udang sebagai umpan. “Cukup memakai umpan udang kita sudah bisa memancing, kalau ingin mata pancingnya galak dimakan ikan maka pemancing harus menggunakan umpan Umpun-umpun (sejenis cacing tanah,red). Selain itu, tidak jauh dari perairan itu juga ada masjid untuk melaksanakan ibadah salat,” jelasnya.(ran/hrc)