Bapemas Hentikan Programkan RLH, Bupati Suyatno Meradang

Bupati Suyatno
Bupati Suyatno

Rohil(SegmenNews.com)- Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Kabupaten Rokan Hilir, Riau, tidak memprogramkan Rumah Layak Huni (RLH) ditahun 2016 ini. Bupati Suyatno meradang dan berjanji akan panggil dinas terkait.

Kepala Bapemas, Hj Murniwati, beralasan tidak diprogramkannya RLH tahun ini disebabkan beberapa faktor diantaranya, devisit anggaran, dan pembangunan RLH dinilai tidak memberikan motivasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat terkesan hanya bermanja-manja sambil menunggu giliran dapat bantuan rumah.

Menurutnya, saat ini setiap desa sudah memiliki dana sendiri seperti dana ADD/DD, dan batuan lainnya dari Provinsi. Sehingga desa sendiri bisa melakukan kegiatan yang dibutuhkan masyarakatnya.

“Biasa Pemkab memprogramkan 2 unit RLH tiap tahun. Tapi karena berbagai pertimbangan, maka tahun ini kita tidak memporgramkannya. Saat ini kita hanya fokus untuk menyelesaikan pembangunan RLH dan resetlemen yang tertunda  tahun lalu,” ujar Murniwati.

Terpisah, Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp, Rabu (27/4/2016) yang mendengar pernyataan Bapemas tersebut meradang, dan berjanji akan memanggil pihak Bapemas. Tegas Suyatno, pembangunan RLH tetap diprogramkan.

“Siapa bilang tahun ini RLH tidak di Programkan. Kita akan panggil Bapemas nanti. Program RLH untuk tahun ini tetap di programkan, cuma perdesanya untuk tahun ini belum tau berapa unit yang akan di serahkan nanti. Kita tuggu permohonan yang masuk dari desa, apakah warga tersebut benar-benar susah apa tidak.***(Chandra/adv)