Abrasi di Rimba Melintang Semakin Ganas

Anggota-Dewan-Perwakilan-Daerah-DPD-R-I-Hj-Intsiawati-Ayus-berbincang-bincang-salah-seorang-warga-dengan-didampingi-anggota-DPRD-Rohil.
Anggota-Dewan-Perwakilan-Daerah-DPD-R-I-Hj-Intsiawati-Ayus-berbincang-bincang-salah-seorang-warga-dengan-didampingi-anggota-DPRD-Rohil.

Rohil-Bencana abrasi yang terjadi di bibir pantai Sungai Rokan, Kepenghuluan Teluk Pulau Hulu, Kecamatan Rimba Melintang, semakin memprihatinkan. Hal ini menarik perhatian dari Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) R-I Hj Intsiawati Ayus, baru baru ini.

Anggota DPD RI Dapil Riau ini juga menyempatkan diri untuk melihat langsung kondisi wilayah yang di gerus abrasi.  Berdasarkan peninjauan, Ayus meminta kepada Pemerintah Kabupaten untuk membuat sebuah usulan secara teknis terkait antisipasi dan pencegahan abrasi tersebut,  sehingga usulan pembangunan itu akan dibawa ke Pemerintah Pusat untuk ditindak lanjuti.

Sebelum diajukan ke Pemerintah Pusat,  Ayus berharap Pemerintah Daerah diminta untuk membuat kajian terhadap bencana abrasi tersebut terkait solusi dan upaya yang akan dilakukan agar abrasi tidak meluas.

Sekcam Rimba Melintang, Amrizal, menyamabut baik atas peninjauan yang dilakukan oleh Anggota DPD RI tersebut, pihak Kecamatan berharap pasca peninjauan ada solusi yang diberikan oleh Pemerintah untuk mencegah bencana abrasi tersebut agar tidak meluas.

Sementara itu putra daerah Kepenghuluan Teluk Pulau Hulu Kecamatanrimba Melintang, Rudi Fadli Darbi berharap ada solusi yang ditawarkan oleh Pemerintah untuk mengatasi abrasi tersebut, sebab bencana abrasi sewaktu-waktu mengancam kehidupan masyarakat sekitar.

Rudi menambahkan, bencana abrasi sudah meruntuhkan sebagian rumah masyarakat, surau, kuburan hingga jalan, hingga kini abrasi sudah menggerus bibir pantai sepanjang 500 meter. Suasana masyarakat yang tinggal di seputaran sungai Rokan tidak seperti biasanya yang dahulunya ramai, hingga kini masayarakat sudah mulai meninggalkan wilayah tersebut.(Chandra)