Sabtu, 10 Suku di Luhak Kepenuhan Kompak Laksanakan Tradisi Perlimauan

Salah satu atraksi yang dilaksanakan dalam kegiatan perlimauan di luhak kepenuhan tahun lalu
Salah satu atraksi yang dilaksanakan dalam kegiatan perlimauan di luhak kepenuhan tahun lalu

Rohul(SegmenNews.com)- Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 2016, direncanakan, Sabtu (4/6/16) seluruh suku nan 10 di Luhak Kepenuhan, Kecamatan Kepenuhan, kabupaten Rokan Hulu, Riau melaksanakan berbagai kegiatan pada tradisi perlimauan.

Tokoh masyarakat Luhak Kepenuhan, Datuk Saih Paduko melalui pesan tertulis kepada segmennews.com menyampaikan, perlimauan Adat Luhak Kepenuhan Negeri Beradat ini dilakukan setiap menyambut bulan Suci Ramadhan, dimana perlimauan merupakan sesuatu yang sudah mentradisi dalam mensucikan diri, lingkungan, keluarga dan Nogoi (Negeri)sesuai dengan Potatah Potitih adat Adat Bersandikan Syara’, Syara’ Bersandikan Kitabullah.

Adapun 10 suku yang ada di Luhak Kepenuhan yakni:

1.Suku Bangsawan
2.Suku Anak Ajo-Ajo
3.Suku Nan Soatuih
4.Suku Melayu
5.Suku Kandang Kopah
6.Suku Pangkuik
7.Suku Momiliang
8.Suku Mais
9.Suku Kuti
10.Suku Ampu

Dikesempatan sekali dalam setahun ini, masyarakat suku di Luhak Kepenuhan memanfaatkannya untuk saling bersilaturahmi sesama suku dan sanak family bagi mereka yang selama ini diperantauan.

Ketua pelaksana acara Perlimauan Adat Luhak Kepenuhan, Umar Usman Datuk Etio Mudo, memaparkan berbagai kegiatan akan dilaksanakan di pasar Kamis Kota Tengah.

Sementara itu Bakhtiar AH Datuk Bondaro Sakti, berharap agenda tradisi perlimauan ini terus secara kontinyiu dan dinamis terus berkembang. Sehingga keberadaan adat Luhak Kepenuhan ini dapat di Pogang Pakai ( pedoman ) dengan kemajuan zaman seperti sekarang ini.

“Adat terus menjadi pegangan dalam semua sendi kehidupan. Adat pusako tajam, diganyak  layu di salai batuneh, demikian besarnya peran adat dalam memberikan pedoman dalam menggapai kehidupan ini, semoga juga dukungan semua pihak dapat mendorong kepada yang lebih baik,” ujarnya.***(rls)