Lepas Bra Saat Tidur Perlu Untuk Jaga Payudara Anda

Ilustrasi
Ilustrasi

 (SegmenNews.com)Tak hanya mempengaruhi bentuk dan kondisi kesehatan payudara, tidur tanpa bra juga bermanfaat untuk menghindari pertumbuhan kuman dan bakteri penyebab infeksi.

Hal ini dikatakan Dr Aparna Sanathanam, pada tips menjaga payudara tetap bersih dan sehat berikut ini, seperti dikutipThehealthsite, Sabtu (10/12/2016).

Sudah seharusnya area payudara menjadi bagian tubuh paling higienis. Jika tidak dirawat dengan benar, maka dapat memicu gatal, iritasi, hingga infeksi serius.

Perawatan payudara sebenarnya tidak sulit. Cukup pilih bra yang berbahan katun, mandi teratur, pastikan payudara kering dan lain sebagainya.

Dr Aparna Sanathanam, yang menjelaskan kepada kami cara untuk menjaga daerah payudara Anda segar dan bersih:

Mandi teratur

Tak hanya menjaga kebersihan tubuh, mandi secara teratur juga termasuk sebagai langkah perawatan payudara. Ketika mandi, basuhlah payudara menyeluruh hingga menyeka bagian bawah, karena area tersebut merupakan bagian paling rentan berkeringat. Setelahnya, pastikan area payudara kering untuk menghindari pertumbuhan kuman dan bakteri.

Gunakan bra berbahan katun

Untuk kebersihan dan keleluasaan payudara saat beraktivitas. Gunakan bra berbahan katun. Bahan katun ini meyerap keringat lebih maksimal dibanding bahan lain dan cocok digunakan wanita yang memiliki aktivitas cukup padat.

Memakai bra sesuai ukuran

Wanita sering kali lupa akan ukuran bra perlu disesuaikan dengan ukuran payudara juga. Tidak boleh terlalu kecil atau kebesaran. Mengenakan bra terlalu kecil lebih memungkinkan untuk iritasi, sedangkan ukuran bra terlalu besar dapat membuat Anda tidak nyaman dan iritasi juga karena terlalu banyak gesekan dengan kain bra.

Lepas bra saat tidur

Tak hanya memengaruhi bentuk dan kondisi kesehatan payudara, tidur tanpa bra juga bermanfaat untuk menghindari pertumbuhan kuman dan bakteri penyebab infeksi.

Taburkan bedak anti jamur atau anti gatal

Bedak anti jamur atau anti gatal sudah pasti mengandung bahan-bahan yang dapat mencegah pertumbuhan kuman, bakteri dan juga jamur. Untuk penggunaan bedak anti jamur pada payudara cukup ditabur tipis saja. (okz)