Waka Polres Inhil Periksa Seluruh Senpi Polisi

Tembilahan (SegmenNews.com)-Waka Polres Inhil, Kamis (13/4/2017), memeriksa seluruh senjata api yang dimiliki personel polisi di Polres Inhil.

Waka Polres memeriksa senjata api milik anggota polisi

Pemeriksaan yang dilakukan Waka Polres Inhil, Komisaris Polisi Dr. Azwar, S.Sos, M.Si, M.H, didampingi oleh Kabag Sumda, Kompol H. Asmar, Kasi Was, Iptu Liber Nainggolan dan Kasi Propam, Ipda Trisno.

Para personel Polres Inhil, baik Perwira dan Brigadir, diperiksa kebersihan senpi dan kelengkapan suratnya. Tampak ikut diperiksa adalah senpi Kasat Reskrim AKP Arry Prasetyo, S.H, M.H, Kasat Res Narkoba, AKP Bachtiar, S.H, serta beberapa orang Perwira lainnya, bahkan senpi yang dipegang Kasi Propam, juga ikut diperiksa.

Waka Polres Inhil mengatakan, pemeriksaan senpi dimaksudkan selain sebagai bentuk pengawasan, juga untuk menimalisir, adanya pelanggaran dan penyalahgunaan pemakaian senpi dinas.

Walau senpi dinas adalah perlengkapan pribadi Anggota Polri, bukan berarti, semua anggota Polri berhak meminjamnya. Ada SOP dan Protap serta kriteria persyaratan lain, yang harus dipenuhi. Hanya anggota yang bertugas di lapangan, dan punya kecakapan, yang bisa meminjam senpi dinas tersebut.

Dari pengalaman, beberapa kasus penyalahgunaan senpi, berawal dari kesalahan prosedur.

Waka Polres, juga mengingatkan kepada personel yang memegang senpi, untuk selalu memastikan kartu senpi tidak expired atau kadaluarsa. Pastikan juga senpinya selalu bersih dan menekankan harus safety dalam penyimpananya.***(hasran)