Diberi Gelar “Kanjeng Raden Tumenggung” Bupati Syamsuar Resmi Jadi Kerabat Keraton Solo

Siak(SegmenNews.com)- Bupati  Siak, Syamsuar, Jumat (21/4/17) malam, menerima gelar kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, pada peringatan Tinggalandem Jumenengan SISKS Pakoe Boewono XIII yang ketigabelas.

Syamsuar menerima sertifikat dari keraton di Solo

Pemberian gelar kehormatan dengan sebutan Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Drs. H. Syamsuar Darmodipuro, M.Si  itu dilakukan langsung oleh Soesoehoenan Pakoe Boewono XIII, diruang tertutup yang dijaga ketat oleh staf keraton.

Saat dijumpai, Syamsuar mengaku, tak menyangka kalau dirinya menerima gelar Kanjeng Raden Tumenggung (KRT), yang selanjutnya tercatat sebagai kerabat Keraton Surakarta Hadiningrat.

“Saya tidak menyangka mendapat gelar kehormatan ini, atas nama diri pribadi dan sebagai kepala daerah saya ucapkan terima kasih kepada raja Kasunanan Surakarta Pakoe Boewono XIII,” ungkapnya.

Disebutkannya, meski banyak perbedaan adat dan budaya dengan Siak, namun keanekaragaman ini patut dijaga dan dilestarikan, karena ini bagian  keragaman bangsa Indonesia yang ber Bhineka Tunggal Ika.

Sementara itu, staf Keraton yang enggan disebut namanya mengatakan, pemberian gelar ini merupakan bentuk apresiasi keraton dan sekaligus memperingati  Tinggalandem Jumenengan Pakoe Boewono (PB) XIII yang ketigabelas.

Gelar kehormatan tersebut diberikan kepada abdi dalem, tokoh masyarakat, pengusaha, pejabat,  dan tokoh-tokoh dari berbagai Negara.