Dispar Humbang Hasundutan Ajak Masyarakat Berperan Aktif Majukan Pariwisata

Doloksanggul(SegmenNews.com)- Kepala Dinas Parawista Humbang Hasundutan Ir. Hotmaida Dina Uli Butarbutar menerima audiensi Kors Ulubalang Garda Wisata Danau Toba Humbang Hasundutan, Senin (29/5/17) di Kantor Dinas Parawisata Humbang Hasundutan.

Rombongan Kors Ulubalang Garda Wisata Danau Toba Humbang Hasundutan dipimpin Panglimanya yaitu Retno Sinaga, ST di dampingi Kepala Staf, Marusaha Lumbantoruan, ST dan pengurus lainnya seperti Tohap M. Sihombing, Arisman, Dewanto Hutasoit dan Hitler Siregar yang juga merupakan ketua Kelompok Pemuda Pelopor Sadar Wisata.

Pada kesempatan tersebut Korps ulubalang menyampaikan beberapa masukan terkait pengembangan keparawisataan Humbang Hasundutan.

Panglima Wilayah Retno Sinaga,ST menyampaikan, bahwa Korps Ulubalang Kabupaten Humbang Hasundutan Siap leadeng sektor dalam membantu Pemerintah Humbang Hasundutan melalui Dinas Parawisata untuk mengembangkan dan memajukan Parawisata dikabupaten Humbang Hasundutan.

Dilanjutkan Retno, bahwa korps Ulubalang juga sedang melakukan inventarisasi tempat-tempat objek wisata di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Beliau berharap kedepan kerja sama Koprs ulubang dengan Dinas Parawisata Humbang Hasundutan dapat bersinerji demi kemajuan Parawisata Kabupaten Humbang Hasundutan.

Marusaha Lumbantoruan sebagai kepala Staf Kops Ulubalang Garda Wisata Danau Toba menyampaikan bahwa Potensi Parawisata di Kabupaten Humbang Hasundutan cukup potensial dikembangkan dan sangat menjanjikan.

“Selain Wisata Alam di Humbang Hasundutan juga banyak ditemukan tempat-tempat wisata sejarah, tinggal bagaimana kita mengemasnya, sehingga dapat menarik minat wisatawan lokal dan manca negara untuk berkunjung ke Objek Wisata di Humbang Hasundutan,” paparnya.

Seiring dengan program pemerintah Pusat menarik satu juta wisatawan ke Danau Toba. Marusaha juga menambahkan perlu di buat even Tahunan Parawisata Humbang Hasundutan yang beda dengan daerah yang lain sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

“Kami mengusulkan dikembangkan Olahraga Tradisonal sebagai kalender Parawisata Tahunan Di Humbang Hasundutan, mengingat Olahraga/permainan tradisonal tersebut hampir punah, kami dari kors Ulubakang Garda Wisata Siap mendukung,” tegasnya.

Sementara itu, Tohap M Sihombing menambahkan bahwa Koprs Ulubalang berencana membuat even-even dalam rangka menarik jumlah kunjungan wisata ke Humbang Hasundutan.

Hal senada juga disampaikan Hitler Siregar ketua kelompok pemuda Sadar wisata Dolok Nauli Park menyampaikan kiranya Dinas Parawisata Humbang Hasundutan dapat membantu mereka dalam mengembangkan Objek Wisata Dolok Nauli Part yang saat ini masih dalam tahap pembenahan.

Menangapi hal yang disampaikan Koprs Ulubalang tersebut, Kepala Dinas Parawisata Humbang Hasundutan Ir Hotmaida Dina Uli Butarbutar mengapresiasi atas kunjungan Korps Ulubalang.

Beberapa masukan yang telah disampaikan yang begitu berharga, dimana hal yang disampaikan tersebut belum ada di dalam daftar inventarisasi objek wisata Humbang Hasundutan.

Kadis Parawisata menyampaikan, bahwa Pemerintah Humbang Hasundutan melalui Dinas Parawisata Humbang Hasundutan mengharapkan peran serta seluruh masyarakat dalam mengembangkan dan memajukan Parawisata Humbang Hasundutan.

“Pemerintah tidak bisa sendiri dalam membangun dan mengembangkan Parawisata Humbang Hasundutan, peran serta masyarakat sangat di harapkan, untuk itu kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif memajukan Parawisata Humbang Hasundutan,” ajak Kadis Pariwisata Ir. Hotmaida Dina Uli.

Terkait permohonan kelompok pemuda Sadar wisata yaitu, pengadaan rumah Pohon bahwa pihaknya telah mengajukan kedinas Lingkungan Hidup untuk mengetahui hal-hal yg bertentangan dengan lingkungan serta Ketahanan daripada kayu tersebut.

“Saat ini kami juga sedang berusaha mencarikan bantuan dana CSR untuk membantu percepatan kemajuan parawisata Humbang Hasundutan,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Kadis Parawisata Humbang Hasundutan juga memberitahukan, bahwa tanggal 31 Juli Humbang Hasusutan kedatangan tamu dari Spanyol terkait pertunjukan Orkestra dan sekaligus memberikan pembelajakan kepada anak-anak mengenai musik daerah,diluar musik elektrik.

“Kita juga berharap peran serta dari Korps Ulubalang Humbang Hasundutan dalam hal pertunjukan tersebut,” harapnya.***(Tohap)