Empat Puskesmas di Siak Akan Naik Kelas

Siak(SegmenNews.com)- Empat dari 15 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kabupaten Siak akan menjalani penilaian dari Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas.

Penilaian akreditasi meliputi administrasi dan manajemen, upaya kesehatan perorangan dan masyarakat, serta kemitraan dengan lembaga lain.

“Sebanyak 15 puskesmas di kabupaten Siak, 3 diantaranya (Siak, Bungaraya dan Tualang) sudah terakreditasi, dan tahun ini ada 4 puskesmas yang akan di nilai oleh tim,” sebut Kadis Kesehatan Tony Chandra di hotel Grand Royal saat pembukaan, Minggu (10/9/17) malam.

Kata Tony, nantinya puskesmas akan mendapatkan nilai akreditasi dasar, madya, utama, atau paripurna.

Pada tahun lalu puskesmas yang sudah terakreditasi adalah puskesmas Siak tingkat dasar, Bungaraya tingkat madya dan puskesmas Tualang tingkat dasar.

“Untuk tahun  ini yang akan di lakukan penilaian oleh tim adalah kecamatan Sungai Apit, Lubuk Dalam, Kandis dan Dayun,” sebut mantan Direktur RSUD Siak itu.

Dirinya berharap tahun depan semua puskesmas di kabupaten Siak sudah terakreditasi. Sehingga bisa memberikan motivasi dan dorongan kepada puskesmas agar dapat memberikan pelayanan yang lebih bermutu dan berkualitas.

Sementara itu, Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Syafrilenti menyampaikan, jika semua Puskemas sudah terakreditasi, dampaknya akan bermanfaat untuk masyarakat, karena meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sehingga masyarakat lebih merasa nyaman dalam berobat di Puskesmas. Karena puskesmas merupakan garda depan dalam penyelenggara upaya kesehatan.