Terwujudnya Masyarakat yang Madani “Mari Kita Bersatu Untuk Memajukan dan Mensejahterakan Masyarakat Negeri Seribu Kubah”

Rohil(SegmenNews.com)-Bupati Kabupaten Rokan Hilir, H Suyatno melantik dan mengukuhkan eselon IV pejabat administator dan pejabat pengawasan sebanyak 370 orang, Senin (30/1/17), bertempat di ruang GOR batuenam Bagansiapiapi.

Pelantikan pejabat eselon IV

Pelantikan ini dihadiri oleh Ketua DPRD Rohil diwakili, H Tatang Hartono, Sekda Rohil Drs H Surya Arfan Msi, Kepala BKD Roy Azlan, Kemenag Rohil H Agustiar, Kapolsek Bangko, kepala Badan dan Kantor dilingkungan pemerintah Rohil.

Bupati Suyatno, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan dilaksanakan pelantikan pejabat eselon IV di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir ini, diharapkan dapat memajukan roda pelayan publik di pemerintah Kabupaten Rohil ini.

“Pejabat yang dilantik hari ini harus bisa melayani masyarakat dengan baik, penuh senyum dan tidak setengah hati dalam melayani masyarakat. Karena semuanya telah mengangkat sumpah jabatan, maka dari itu marilah dahulukan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi,” pesan Bupati.

Bupati juga meminta kepada pejabat yang baru dilantik agar meningkatkan semangat kerja di masing-masing yang ditempatkan.

“Jabatan adalah amanah dan jawablah dengan hasil kerja. Dan ingat jangan ada yang berani melakukan pungli, kalau sempat ada yang laporan ke saya ada yang melakukan pungli jangan salahkan saya dan yang lain,” jelas Suyatno.

Suyatno menjelaskan, Visi Misi Kabupaten Rokan Hilir dan juga program yang telah di susun oleh kepala daerah terwujudnya masyarakat yang madani. Dan mengajak para ASN bersatu untuk memajukan dan mensejahterakan masyarakat Kabupaten Rokan Hilir.

“Kepada pejabat yang telah dilantik, supaya siap menerima dan menjadikan yang terbaik dibidangnya masing-masing. Jabatan adalah amanah dan harus siap di copot kapan saja,” jelas Suyatno.

 

**Pelantikan Pejabat Eselon II, III dan IV**

Setelah melantik eselon IV pejabat administator dan pejabat pengawasan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, bertempat di ruang GOR batu enam Bagansiapiapi. Kini Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir Rabu pagi (21/6/2017) kembali mengelar acara pelantikan pejabat eselon II, III dan IV di gedung serbaguna Jalan Utama Bagansiapiapi.

Pengambilan sumpah jabatan sebanyak 56 orang yang dilakukan oleh Bupati Rohil H Suyatno Amp , dan dihadiri Ketua DPRD Rohil Nasrudin Hasan, SekdaDrs H Surya Arfan Msi, para Asisten, Kadis/Badan, Kabag serta tamu undangan.

Dalam sambutan Bupati Rohil H Suyatno mengucapkan tahniah serta selamat kepada pejabat tinggi pratama yang barusaja dilantik serta mengingatkan agar meningkatkan kinerja kedepannya.

“Tahniah buat seluruh yang baru di lantik. Saya minta setelah di lanti kini agar dapat meningkatkan kinerja kedepannya,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, masih terngiang-ngiang dibenaknya khususnya kepada pejabat eselon II. Hal tersebut dikarenakan kinerja pemerintahan Kabupaten Rohil merupakan terburuk kedua se Provinsi Riau.

“Ini yang menjadi catatan bagi saya. Saya minta kedepan tidak seperti itu lagi,” paparnya.

Bupati juga meminta kepada para pejabat yang baru di lantik agar tidak sering meninggalkan tempat. Ia akan terus mengawasi serta memperhatikan kinerja yang di lantiknya.

“Saya akan memperhatikan dan saya ingin mengajak kerjasama yang baik. Kalau saya ikuti emosi saya masih banyak yang menunggu dan menginginkan jabatan,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan agar amanah yang telah di percayakan agar digunakan dengan sebaik-baiknya. Kerjasama dari atasan hingga kebawah harus di bina dengan baik. Jangan lagi ada kejadian seperti sebelumnya terjadi segel menyegel di dalam kantor.

“Ini ada kantor yang di segel, pembinaan dan pendekatan terhadap bawahan itu sangat penting. Kitakan sudah dewasa semua, mana yang baik dan buruk kita sudah tau,”bebernya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga meminta khususnya kepada Badan Pendapan Daerah Cicik Mawardi Athar agar dapat memaksimalkan Pendapat Asli Daerah (PAD) yang selama ini tidak tergarap maksimal.

“Hari ini ada badan pendapatan daerah, duit tak ada, ada pun itu sikit padahal potensi kita sangat banyak tapi tidak di berdayakan. Kita punya poyensi namun potensi yang kita miliki itu tidak menjanjikan dan itu merupakan tugas Bappeda,” pintanya.

Padahal kata Bupati,ada 27 Perda PAD.bila di realisasikan beberapa persen saja yang di garap tentu menjadi pendapatan bagi Daerah.

“Mungkin duit itu di tarik, tapi tidak sampai.Untuk itu dari sekian banyak yang dilantik Bappedalah yang merupakan target utama,” pungkasnya.

**SKPD Diminta Menghematkan Penggunaan Anggaran**

Bupati H Suyatno Amp, meminta kepada jajarannya di satu kerja perangkat daerah (SKPD) untuk menghematkan penggunaan anggaran dan ajangan memprioritaskan kegiatan yang bersifat tidak begitu penting seperti kegiatan sosialisasi dan perjalanan dinas.

Dengan tegas Suyatno meminta kepada seluruh SKPD untuk hati-hati dalam memproses pengeluaran dana. Iya menyebutkan dengan kondisi keuangan Pemkab Rohil saat ini, tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan yang seremonial dan bahkan Bupati meminta kepada masyarakat ikut serta mengawasi dan mengontrol kinerja SKPD termasuk dirinya.

“Makanya saya sudah intruksikan kepada Sekda, bagi SPKD yang pergi berdinas agar memproritaskan dinas-dinas yang betul yang penting, karena berangkat ke Jakarta betul-betul membawa hasil tidak apa-apa, jangan pula berangkat ke Jakarta mau liburan saya tidak izinkan itu,”jelas Bupati H Suyatno Amp.***(Adv/Humas)