Puluhan Warga Rambah SamoTerserang DBD, Puskesmas Ajak Diskes dan Warga Lakukan Fogging

Puluhan Warga Rambah SamoTerserang DBD, Puskesmas Ajak Diskes dan Warga Lakukan Fogging

Rokan Hulu (SegmenNews.com)-Kepala Puskesmas Rambah Samo II, Kabupaten Rokan Hulu, Drg Nurhijriati, membenarkan pikuhan warga Desa Mulya terserang DBD dan cikunguya. Penyakit ini menurutnya disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti

Fitri Soleha bocah dua tahun bersama ibunya diduga terserang DBD

“Saat ini kami telah merawat beberapa pasien bahkan sudah banyak yang telah sembuh dan sudah di izinkan pulang kerumahnya,” ujar Hj Nurhijriati, Kamis (2/11/2017).

Untik menanggulangi ini, Nurhijriati berencana akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu dan mengajak warga untuk bergotong royong bersama membersihkan sarang-sarang nyamuk dan segera melakukan pengasapan atau fogging.

“Kami akan melakukan pendataan dan pemeriksaan langsung ke lokasi untuk memeriksa apakah ada sarang nyamuk di lokasi warga. Karena pada musim pancaroba ini kedua penyakit tersebut biasa mulai menyerang warga,” ujarnya.

Nurhijriati, mengimbau kepada warga untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan melaksanakan program hidup bersih dan sehat (PHBS).

Seperti diberitakan, pukuhan warga desa yang tersetang DBD tersebut di antaranya Firiani Soleha, yang masih berusia dua tahun dan ibunya Dewi. Keduanya terbaring dengan kondisi tabgan diinfus.***(fitri)