Warga Akui Program Turun Lapangan Disdukcapil Pekanbaru Sangat Membantu

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Untuk percepatan Pengurusan akte kelahiran 0-18 tahun dan akte kelahiran, Disdukcapil Kota melakukan trobosan turun langsung ke Kelurahan. Aksi turun lapangan tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat.

Petugas Disdukcapil Pekanbaru saat melayani masyarakat di kelurahan

Seperti yang disampaikan warga, Sumiati, kepada segmennews.com di kantor Lurah Tangkerang Barat, Selasa (5/12/17). Dia mengaku bangga dengan kinerja Disdukcapil Kota Pekanbaru yang bersedia turun langsung ke Kelurahan.

Dengan demikian, kata Sumiati, masyarakat dapat dengan mudah melakukan pengurusan akte kelahiran dan akte

kematian, hanya di kelurahan. Terutama Dirinya yang saat ini sedang mengurus akte kematian suaminya.

“Trobosan Disdukcapil ini sangat membantu masyarakat. Kita tentunya senang sekali,” ujarnya bangga.

Warga lainnya, Ujang yang datang hendak mengurus akte kelahiran anaknya menuturkan hal yang sama. Dia mengaku trobosan Disdukcapil ini memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Terpisah, Kadisdukcapil Kota Pekanbaru Baharudin melalui Kabid Pelayanan Capil, Vityana Erza,S.sos, mengaku trobosan turun lapangan ini, merupakan bagian dari program pemerintah Kota Pekanbaru untuk percepatan pendataan akta kelahiran.

Selain turun lapangan seperti ke sekolah-sekolah dan kelurahan. Disdukcapil juga melakukan kerjasama dengan pihak rumah sakit dan klinik-klinik.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan. Pendataan Disdukcapil Kota Pekanbaru telah mencapai 87,18 persen. Jumlah tersebut telah melewati target yang diberikan Kementerian 85 persen.

Walau demikian, Disdukcapil Kota Pekanbaru tetap berkomitmen menuntaskan pendataan akte kelahiran.

Vityana mengimbau kepada masyarakat kota Pekanbaru yang memiliki anak usia 0 sampai 18 tahun, yang telah memilliki KTP dan KK kota Pekanbaru agar segera membuat akte kelahiran anak.

“Kita himbau masyarakat segera mengurus akte kelahiran anak. Sebab akte kelahiran ini sangat enting sebagai identitas anak yang juga dibutuhkan untuk administrasi sekolah dan lainnya,” imbaunya.***(Don)