BKPP Rohul Sosialisasi Sistem Registrasi Terpadu

Rohul(SegmenNews.com)- Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Rokan Hulu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Sosialisasi Aplikasi SIRATU ( Sistem Registrasi Terpadu ) yang secara resmi dibuka Assisten III Bidang Administrasi Umum Setda Rohul H. Helfiskar SH MH, di salah satu hotel di Pasir Pengaraian, Rabu (06/12/2017).

Sosialisasi ini mengusung tema “ Optimalisasi Peran dan Fungsi Pejabat Pengelola Kepegawaian OPD Untuk Mewujudkan tertib Administrasi Kepegawaian “ itu dengan melibatkan seluruh Bagian Administrasi dan Kepegawaian dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kecamatan.

Kepala BKPP Rohul M. Zaki S.STP melalui Sekretaris BKPP Rohul Bekrim Setiawan S.STP kepada wartawan, Rabu (6/12/2017) mengatakan tujuan dilakukannya Rakor dan Sosialisasi Aplikasi SIRATU agar ASN dapat memanfaatkan aplikasi yang berbasis Tekhnologi Informasi itu secara efektif dan efisien serta dapat memperpendek jarak birokrasi.

“Aplikasi SIRATU merupakan bagian kecil dari aplikasi yang sudah kita bangun semuanya, secara keseluruhan pelayanan kedepannya dengan menggunakan sistem digitalisasi dalam pelayanan kepegawaian dan tidak secara manual lagi, diharapkan kedepannya seluruh ASN dimudahkan dengan aplikasi SIRATU ini,“ jelas Bekrim

Lebih lanjut dikatakan Bekrim, tahun 2018 mendatang BKPP Rohul membuat beberapa gebrakan, selain pembangunan gedung pelayanan yang sudah disahkan anggarannya, BKPP Rohul juga mengubah sistem administrasi dari manual ke sistem yang berbasis elektronik atau digitalisasi.

Karena BKPP Rohul saat ini memang kekurangan pegawai, tentu dengan adanya aplikasi dan sistem digital ini ASN lebih mudah, cepat dan sederhana dalam mengurus administrasi kepegawaian.

“Setiap OPD harus mempersiapkan database, seperti database hard copy dan soft copy, setiap data yang dikumpulkan akan diinput ke sistem kita yang meliputi database yang dikumpul seluruh pelayanan, kalau SIRATU cuman satu bagian kecil dari seluruh aplikasi yang ada, kita harap dengan adanya aplikasi SIRATU ini dapat mempercepat pelayanan, karena sudah bisa diakses melalui Online atau digital,” Imbuh Bekrim.***(fit)