100 Ribu Bibit Ikan Ditabur di Sungai Rokan

Rohul(SegmenNews.com)- Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Eluan Mahkota (PT EMA) Kebun Kota Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dan masyarakat setempat melakukan penaburan 100 ribu bibit ikan ke Sungai Rokan.

100 Ribu Bibit Ikan Ditabur di Sungai Rokan

Penaburan bibit ikan ini dipusatkan di Desa Sei Rokan Jaya (Seroja), Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (6/12/2017) pukul 10.00 wib.

Hadir juga Staf Ahli Bupati Rohul, H Abdul Harris SSos MSi, Kadis DKPP, Ir Sri Hardono, Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan, Ibrahim, Pimpinan DPRD Rohul yang diwakili Ketua Komisi II, Hj Sumiartini, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pasirpengaraian, Mewakili Dandim 0313 KPR, Sekcam Kepenuhan, H M Yasin SKM, Kapolsek Kepenuhan, Iptu Yani Marjoni SH, Manager PKS PT EMA, Sianturi, KTU PKS PT EMA, Herman perwakilan dari kantor Direksi PT EMA Pekanbaru, Rubi, Kades Seroja, M Dain serta perwakilan Kades di Kepenuhan dan tokoh adat, tokoh ulama serta masyarakat.

Staf Ahli Bupati Rohul, H Abdul Harris SSos MSi menilai hal seperti ini merupakan sesuatu yang sangat posotif sekali mengingat stok ikan yang ada disungai rokan sudah mulai berkurang, karena banyaknya penangkapan-penangkapan.

Jadi yang dilakukan saat ini dilakukan penambahan stok ikan, hal ini sangat diharapkan kedepannya dapat dilakukan secara berkala di sepanjang sungai Rokan.

“Lebijakan yang dilakukan oleh pihak perusahaan merupakan suatu langkah yang cukup baik sekali adanya kerjasama perusahaan dengan masyarakat tempatan. Untuk itu diharapkan kepada perusahaan dan masyarakat untuk menjaga kelestarian ikan,” paparnya.

Pada kesempatan ini, Staf Ahli Bupati menghimbau kepada pemeraintah kecamatan dan pemerintah desa untuk membuat peraturan desa tentang pencemaran sungai dan kelestarian ikan.

Sementara itu, Camat Kepenuhan, Recko Roeandra SSTP diwakili Sekcam Kepenuhan, H M Yasin SKM mengucapkan terimakasih kepada pihak PKS PT EMA atas rasa tanggungjawabnya terhadap ekosistem di sungai rokan ini. Sehingga kelestarian ikan di sungai rokan ini kembali terjaga.

“Kami berharap kepada masyarakat tidak menangkap ikan dengan cara yang ekstrim seperti dengan cara di racun, di setrum dan lainnya. Karena dengan cara seperti itu akan merusak ekosistem di perairan atau membuat ikan punah,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Manager PT EMA melalui KTU, Herman mengatakan, mohon maaf kepada seluruh masyarakat dan juga pemerintah atas tercemarnya sungai rokan akibat jebolnya kolam limbah perusahaan.

Untuk itu, melalui penebaran bibit ikan ini sebagai bentuk rasa tanggung jawab PT EMA agar kelestarian ikan di sungai rokan semakin terjaga. Penebaran bibit ikan ini juga merupakan salah satu dana CSR.

“ Iya, hari ini kita melakukan penaburan benih ikan bersama pemerintah dan masyarakat. Ini sudah menjadi komitmen kami dari perusahaan sebagai salah satu kepedulian dan juga sebagai permohonan maaf kami atas kejadian beberapa waktu lalu dan kami akan bekerja semaksimal mungkin agar kejadian yang lalu tidak terulang kembali,” tuturnya.***(fit)