Camat Kepenuhan Canangkan Imunisasi Campak dan Rubella

Rohul(SegmenNews.com)- Pencanangan Imunisasi MR di wilayah kerja Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (1/8/2018) pukul 09.00 wib telah dimulai.

Pencanangan Imunisasi Campak dan Rubella itu diresmikan secara langsung oleh Camat Kepenuhan, El Bizri SSTP yang didampingi Kepala Puskesmas Kepenuhan, drg Citra Akmalia MM ditandai dengan pelepasan balon udara dan disaksikan oleh Kapolsek Kepenuhan, Danramil Kepenuhan, Dinas Kesehatan Rohul, KUA Kepenuhan, UPTD Disdikpora Kepenuhan dan Kepala SDN 001 Kepenuhan.

Kepala Puskesmas Kepenuhan, drg Citra Akmalia MM mengatakan, pencangan imunisasi tersebut bertujuan untuk mencegah penyakit campak dan rubella, ini merupakan program Kemenkes dengan sasaran anak dari usia 9 bulan sampai anak usia 15 tahun terhitung dimulai pada hari ini.

“ Ini hari pertama dimulainya pencangan imunisasi campak dan rubella. Untuk hari pertama ini dimulai di SDN 001 Kepenuhan dan kemudian disekolah yang ada di Kecamatan Kepenuhan ini,” tutur drg Citra.

drg Citra Akmalia mengakui, Vaksin MR yang digunakan telah mendapatkan rekomendasi WHO dan izin edar dari BPOM 95% efektif untuk mencegah penyakit campak dan rubella, aman dan telah digunakan di 141 negara di dunia.

Selain disekolah, kata Citra, pencangan imunisasi itu nantinya akan dilaksanakan di pos-pos pelayanan imunisasi lainnya seperti di Puskesmas, Posyandu, pustu dan fasilitas kesehatan lainnya.

“ Imunisasi MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Sehingga anak-anak kita dikepanuhan ini terhindar dari penyakit dan tetap dalam keadaan sehat,” jelasnya.

Lanjutnya, Puskesmas Kepenuhan menargetkan 8262 anak, dari jumlah tersebut, sekitar 5694 itu merupakan anak sekolah mulai dari PAUD, TK, SD sampai SMP sisanya adalah bayi umur 9 bulan sampai anak belum masuk sekolah.

“ Untuk Agustus ini, kami targetkan ke anak SD dan SMP terlebih dahulu, karena lebih memudahkan untuk melakukan imunisasi. Nanti sisanya dilakukan pada minggu ke 3 atau Minggu ke-4 Agustus,” ujar drg Citra.

Petugas yang akan melakukan imunisasi MR ini, kata Citra, diambil dari bidan desa, dokter umum dari Puskesmas Kepenuhan, staf Puskesmas dan perawat yang ada di Puskesmas Kepenuhan. Selain dari tenaga Puskesmas Kepenuhan, pencanangan imunisasi ini juga ikut bekerjasama tenaga kesehatan dari PT PIST dan PT SJI.

Sementara itu, Camat Kepenuhan, El Bizri SSTP menghimbau kepada seluruh elemen-elemen masyarakat yang ada di Kecamatan Kepenuhan ini untuk dapat menyampaikan informasi ini agar anaknya yang beryusia 9 bulan sampai 15 tahun dipastikan untuk dapat mengikuti imunisasi MR ini secara bersama.

“ Kami menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat supaya dapat kiranya membantu dan bekerjasama untuk mensosialisasikan kepada tentang imunisasi MR ini supaya anak kita yang usianya 9 bulan hingga 15 tahun agar mengikuti imunisasi MR ini,” paparnya.

Pemerintah Kecematan Kepenuhan telah melakukan kerjasama dengan Kepala Desa, Tenaga Pendidik dan elemen masyarakat untuk menyampaikan informasi tentang pencanangan imunisasi MR tersebut.***(fit)