Rokan Hilir Miliki UPT Laboratorium Lingkungan

Rokan Hilir Miliki UPT Laboratorium Lingkungan

Rohil(SegmenNews.com)- Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir melaksanakan peresmian UPT Laboratorium Lingkungan sekaligus penyerahan Piagam Adiwiyata tingkat Kabupaten sebanyak 22 sekolah se-Rohil, Senin (13/8/2018) sekitar pukul 10.30 Wib.

Peresmian UPT Laboratorium Lingkungan itu langsung di resmikan oleh Bupati Rokan Hilir H Suyatno Amp, dan turut dihadiri oleh Ketua DPRD Rohil H Nasruddin Hasan,  Sekda Rohil Drs.H Surya Arfan Msi, Kepala OPD dilingkungan Kab. Rokan Hilir, Kejaksaan, TNI, Polri dan Forkopimda serta para undangan lainnya.

Dalam sambutan Bupati Rohil H Suyatno Amp megucapkan terimakasih kepada Dinas Lingkungan Hidup yang telah berjuang untuk kemajuan daerah ini. “Akhirnya Rokan Hilir di nobatkan sebagai Kabupaten yang kedua setelah Rokan Hulu mendapatkan UPT Laboratorium Lingkungan.

“Tak lupa juga saya memberikan apresiasi kepada perusahan-perusahan yang ada di Rohil dalam kepedulian terhadap lingkungan yang ada masing-masing daerah beroperasinya,”ujar Bupati.

Begitu juga  saya sangat memberikan apresiasi  kepada pimpinan sekolah yang telah peduli terhadap lingkungan, dimana bapak/ibu bertungas untuk memajukan dunia pendidikan khususnya lingkungan hidup, agar sekolah itu bersih, rapi dan tertata yang diharapkan,”ucap Bupati.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi niat kita hari ini, Allah SWT akan memberikan yang terbaik kelangsungan pembanguna Kabupaten Rokan Hilir yang kita cintai ini,”harap Bupati.

Semantara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil Suwandi S.Sos menjelaskan, UPT Laboratorium Lingkungan DLH Kabupaten Rolan Hilir ini berdiri berdasarkan peraturan Bupati Rohil Nomor 19 Tahun 2010 tentang Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB)  Laboratorium Lingkungan pada Badan pengendalian dampak lingkungan (Bapedal)  Rohil yang bertugas melaksankan sebagian tugas Dinas dibidang lingkungan hidup khususnya pengelolaan laboraturium lingkungan.

Menurut Suwandi, sasaran dari UPT Laboratorium ini menguji kualitas lingkungan meliputi uji kualitas air, dan pada masa yang akan datang akan dikembangkan juga uji kualitas tanah dan udara pada sektor pertanian, perikanan, perkebunan, industri,  instansi publik yang mengkonsumsi air dengan sumber-sumber pribadi (mengebor) seperti rumah sakit, PDAM,  Puskesmas dan lain.

“Seperti di Rokan Hilir ini banyak perusahaan yang memliki limbah cair seperti Pabrik sawit, dan pihak perusahan harus memeriksakan limbahnya setiap bulan di labor lingkungan yang baru di resmikan oleh Bapak Bupati kita barusan. “Dengan adanya Laboratorium Lingkungan di Kabupaten Rokan Hilir yang sesuai standar nasional ini, diharapakan dapat menambahkan pendapatan daerah,” harapnya.

Selain peresmian Laboratorium Lingkungan, Bupati juga menyerahkan piagam penghargaan Adiwiyata tingkat Kabupaten Rohil sebanyak 22 sekolah se-Rohil dan 15 perusahan PKS yang taat dan patuh menjaga lingkungan dan perizinan serta 5 orang tokoh pembina lingkungan. ***(Chan)