Bupati Mursini Apresiasi Pelestarian Silat Menyerayo

Bupati Mursini Apresiasi Pelestarian Silat Menyerayo

Pangean(SegmenNews.com)- Bupati Kuansing Drs.H.Mursini,M.Si apresiasi upaya tokoh adat dan para datuk untuk melestarikan Silat Menyerayo khas Kuansing.

Apresiasi itu disampaikan bupati saat membuka acara Silat Menyerayo dan Turun Keladang di Laman Pendekar Leman, Senin Siang (20/8/2018) di Desa Pulau Kumpai Kecamatan Pangean.

Disampaikan bupati Mursini, tradisi silat Pendekar Malin dan Pendekar Leman memiliki perbedaan silsilah dari pada khasanah budaya silat khusus Negeri Pangean.

“Sebagaimana disampaikan datuk penghulu tadi bahwa silsilah tradisi Pendekar Malin turun dari mamak ke kemanakan, sedangkan silsilah silat Pendekar Leman turun dari Bapak ke anak-anak,” ujarnya.

Bupati berharap silat Pangean ini terus terjaga dengan baik hingga ke anak cucu.

“Kita sangat mengapresiasi kepada datuk-datuk penghulu yang sudah melestarikan budaya leluhur Pangean ini,” sampai bupati.

Sementara itu, Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra, SE dalam sambutannya menyampaikan kegiatan tradisi Silat Pangean beberapa minggu lalu juga dilaksanakan Tradisi Silat Pendekar Malin di Laman Pendekar Malin Baromban Bosi di Desa Pembatang.

Tradisi Silat Pangean ini kiranya dapat merajut silaturahmi untuk  kemajuan negeri Pangean maupun Kabupaten Kuantan Singingi.

Kegiaran silat ini turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Kuantan Singingi Sardiyono,A.Md, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Jupirman,S.Pd.MM, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Drs.Azhar Ali,MM, Kepala Badan BPMKB Irwandi,S.Sos.MM, Kabag Humas dan Protokoler Drs.Muradi,M.Si,  Kabag umum Setda Kuansing M.Saleh,S.Sos, Kabag Pembangunan Andriyama Putra,S.Hut, Camat Pangean Mahviyen Trikon Putra,SE, Kapolsek Pangean,  KUA Kecamatan Pangean, Tokoh Masyarakat Pangean H.Nayarlis.***(Lind)