Ketinggian Pembukaan Pintu PLTA Ditambah, Masyarakat Diimbau Waspada

Ketinggian Pembukaan Pintu PLTA Ditambah, Masyarakat Diimbau Waspada

Pekanbaru(SegmenNews.com)- PT.PLN akan menambah ketinggian pembukaan 3 pintu waduk PLTA Koto Panjang, Kampar akibat curah hujan tinggi.

Manager Unit Layanan PLTA Koto Panjang, Muhammad Rusdi, Rabu (7/11/18) mengeluarkan surat imbauan agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dalam beraktifitas di sepanjang aliran sungai Kampar.

Dijelaskannya, sampai pagi ini pintu pelimpah (spillway gate) masih di buka 3 pintu dengan ketinggian masing-mading 30 cm.

Total besaran outflow rata-rata perjam sebesar 500 m3/detik (outflow pintu pelimpah 150 m3/detik + outflow turbin 350 m/detik) dengan inflow rata-rata jam 600 m/detik

Elevasi waduk hingga pagi pukulĀ  08.00 WIB terbaca 83.00 mDPL, dan ada kenaikan elevasi 56 cm dari Ahad/Minggu 4 November 2018 (pembukaan pintu pelimpah)

Untuk itu pihak PLTA Koto Panjang akan melakukan penambahan tinggi buka pintu pelimpah. Dengan ditambahnya bukaan pintu pelimpah, di perkiraan ada kenaikan elevasi sungai antara 30 cm s/d 50 cm.

“Kita imbau masyarakat yang berada dan beraktifitas di sisi hilir (aliran sungai kampar) untuk lebih meningkatkan kewaspadaan dan ke hati hatian,” imbaunya.***(ran)