KPU Meranti Harapkan Peran Wartawan Dorong Minat Masyarakat di Pilkada

KPU Meranti Harapkan Peran Wartawan Dorong Minat Masyarakat di Pilkada

Meranti(SegmenNews.com)-Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Meranti gelar Konferensi Pers dengan tema “Dari Pemilu 2019 Menuju Pilkada Serentak 2020”, Rabu Pagi (23/10/2019) Ballroom Hotel Dyva, Jalan Diponegoro.

Ketua KPU, Abu Hamid,S.Hi, dalam sambutannya membeberkan kepada awak media agar dapat meningkatkan daya minat dan ikut berpartisipasi untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), atau Pemilihan Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti di tahun 2020 nanti.

Ia menjelaskan dengan pengelolaan anggaran sendiri ini dapat membuat KPU bisa mengeksporasi kegiatan sendiri dan bisa langsung bekerjasama kepada Media dengan Anggaran tersebut.

“Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kehadiran kawan-kawan Media dalam acara kita ini, dan saya juga ingin menyampaikan bahwa untuk pilkada 2020 nanti kita sudah bisa mengelola anggaran itu sendiri,” bebernya.

“Dengan begitu, kita bisa lebih mengeksporasi kegiatan dan juga bekerjasama kepada media yang ada di Meranti,” jelasnya lagi.

Disamping itu, Ketua Devisi Farmas dan SDM Hanafi,S.sos menjelaskan target KPU ke depan berharap tingkat partisipasi memilih masyarakat dimeranti lebih baik atau meningkat.

“Untuk partisipasi Pemilu pileg dan pilpres kemaren, kita berada pada tingkat partisipasi terendah di Riau,untuk itu, saya berharap media bisa bekerjasama dalam meningkatkan itu,” jelasnya.

Hanafi berharap dengan pertemuan KPU dan Media ini bisa bekerjasama dalam publikasi untuk langsung menyampaikan kepada masyarakat dan mendongkrak minat untuk berpartisipasi dalam pilkada 2020 mendatang.

Ia juga menilai dengan keterbatasan KPU dalam mengsosialisasikan suatu kegiatan atau aturan-aturan yang bersifat wajib untuk diketahui publik, ini hanya dengan Media yang langsung bisa berinteraksi kepada masyarakat tersebut.

“Menurut saya, dengan keterbatasan kinerja kami dalam mensosialisasikan suata kegiatan atau hal lainnya yang bersifat wajib diketaui publik, Media bisa langsung membantu untuk mempublikasi hal itu”terangnya lagi.

“Media mempunyai peluru yang siap langsung mengarah ke masyarakat melalui tulisan mereka, bahkan Media bisa langsung dor to dor ke masyarakat,” ungkapnya.

“dan juga, untuk pilkada ke depan kita akan memberikan reward (penghargaan.red) kepada masyarakat dan Media yang benar-benar berpartisipasi dan mensosialisasikan pemilu 2020 nanti, dan ada katagori lainnya lagi”pungkasnya.

Dalam pertemuan yang dihadiri awak Media yang mewakili 5 Organisasi Media di meranti, diantaranya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), Media Online Indonesia (MOI) Perkumpulan Wartawan Republik Indonesia Bersatu (PWRIB) dan Ikatan Wartawan Online (IWO) sempat menyajikan diskusi ringan yang menjajakan tanya jawab antara KPU dan awak media.*** (Ags)