M Adil Upayakan Hidupkan Suasana Melayu di Meranti

M Adil Upayakan Hidupkan Suasana Melayu di Meranti

Meranti(SegmenNews.com)-  H Muhammad Adil, anggota DPRD Provinsi Riau ikut berpartisipasi dalam Pilkada Meranti tahun 2020 mendatang.

Ia juga tengah melakukan pendaftaran di Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Kamis kemarin.

Usai mengantarkan formulir, beliau disematkan tanjak dari Panglima Gagak Hitam, Yusri Yano didampingi Dt. Tony Dt. Setia Usaha Indra Hadi serta pengurus lainnya di kantor di belakang Hotel Grand Meranti.

Dikesempatan itu, Adil menyampaikan jika dirinya terpilih sebagai Bupati Meranti nantinya ia akan menghidupkan kembali nuansa dan suasanan melayu  di Kabupaten Meranti.

Beberapa upayanya yakni, mengeluarkan Perbup dan mengusulkan Perda terkait pemakaian baju melayu, lengkap dengan tanjak dan songket di kalangan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti di setiap hari Jum’at.

Sekaligus memerintahkan dinas pariwisata untuk mengeluarkan aturan, agar perhotelan menghidupkan musik-musik melayu.

“Kalau setiap hotel menyetel lagi dan musik melayu, tamu yang datang dari luar jadi nyaman,” sampainya.

Tak hanya itu, M Adil juga akan mengupayakan menganggarkan untuk becak di Meranti, agar setiap becak perbaiki dan dihiasi dengan warna khas melayu. Becak juga akan dilukis dengan kata-kata bijak dan pantun melayu.

“Itu akan menjadi ikon Meranti menjadi buming di Riau, Indonesia dan Manca Negara,” ujarnya.

Seperti diketahui, pasukan Gagak Hitam sebagai ormas pengawal adat, juga eksis dalam menjalankan kegiatan sosial kemasyarakatan, seperti yang baru-baru ini dilaksanakan yakni gotong royong di Pondok Pengajian Al Qur’an Raudatul Jannah dan pembersihan pengecatan makam tengku soelong Tjantik Kecamatan Tebing Tinggi.

Sebagai bentuk kepedulian Gagak Hitam terhadap masyarakat dalam menuntaskan buta aksara Al Qur’an dan mengangkat kan sejarah yang mana anak anak zaman sekarang yang akan lupa sejarah dan sesuai dengan tujuan awal pembentukan Pasukan Gagak Hitam di Kepulauan Meranti.***(Ags)