Wagubri Hadiri Seminar Menelusuri Sejarah Marga Nasution di Rohul

Rohul(SegmenNews.com)- Wakil Gubernur Provinsi Riau, H. Edy Afrizal Natar S. ip Nasution bersama Bupati Rohul, Sukiman hadiri acara seminar menelusuri sejarah Marga Nasution di Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (8/1/2020).

Kegiatan ini ditaja langsung oleh Diskominfo Rohul di Convention Hall Masjid Agung Islamik Center, Pasir Pengaraian, Kecamatan Rambah, Rabu (8/1/2020) sore.

Dalam seminar penelusuran sejarah Marga Nasution terdapat empat versi keturunan Marga Nasution yang populer dan berkembang ditengah masyarakat yakni 1. Versi Tapanuli Utara, 2. Versi Minang kabau, 3. Versi Tapanuli Selatan, dan 4. Versi Rambah Rokan Hulu.

Untuk versi Rambah Rokan Hulu ini diyakini Marga Nasution yang berada di Rambah dan Kaiti, Rokan Hulu sebagai versi yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Karna selain memiliki alur kisah yang runtut dari awal hingga akhir peristiwa yang didukung dengan bukti-bukti otentik sejarah seperti adanya makam dari masing-masing tokoh yang dikisahkan, diantaranya tiga makam Raja godang yakni makam suri andung jati sutan perempuan yang merupakan ibu kandung dari Sibaroar yang terletak di Kaiti.

Makam anak keenam Sibaroar bergelar Sutan Solut yang terletak di Batang Samo, dan makam anak ke tujuh dari Sibaroar Raja Gompar bergelar Sutan Namora yang makamnya terletak di Huta Rimboru.

Bupati Sukiman menyampaikan seminar menelusuri sejarah Marga Nasution ini dilakukan untuk memberikan pencerahan pelajaran, dan kejelasan dari suatu perjalanan sejarah sebagai landasan atau pondasi, bahkan kebanggaan bagi kita semua kelompok yang ada dalam sejarah tersebut.

“Seminar ini dapat dipandang langka mengingat pelaksanaan yang mengkaji sejarah dan kebudayaan pada Umumnya sangat langka dilaksanakan Hal ini terbukti telah 20 tahun Kabupaten Rokan Hulu Baru kali ini seminar sejarah dilaksanakan berkenaan dengan itu maka kami menyampaikan hormat dan ucapan terima kasih kepada bapak wakil gubernur riau yang menggagas sekaligus narasumber utama Dalam Seminar ini,” kata Sukiman.

Ditempat yang sama wagubri,  H. Edy Afrizal Natar S. ip Nasution mengatakan terima kasih untuk yang hadir mengikuti seminar kehadiran tersebut sangat penting untuk mengetahui sejarah Marga Nasution dan 5 Marga lain yang termasuk dalam  keluarga besar Mandailing yang sebenarnya masuk ke Riau ini sudah lebih kurang 700 tahun artinya keberadaannya itu diketahui oleh masyarakat luas.

“Bahwa keberadaan marga nasution di sini bukan baru ini keberadaan nya  sudah sekian lama itu fakta makamnya dan di Tarombo dijelaskan di dalam sejarahnya tersampaikan 700 tahun sudah berapa generasi, saya walaupun sudah 37 tahun ada di luar Riau tetapi saya tetap membanggakan apa yang ada dari leluhur,” kata Edy Natar Nasution.

Diakhir acara ditutup dengan launching lagu Rohul “Bersama Kita Maju” dengan penyanyi H. Sukiman dan launching buku Onduo Rohul serta berfoto bersama.***(fit)