Nenek 80 Tahun di Siak Terkonfirmasi Positif Covid-19 Dirawat di RSUD Tengku Rafian

Siak(SegmenNews.com)-Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Siak kembali muncul. Tercatat 1 pasien yang merupakan seorang lansia berinisial F (80), adalah warga Kelurahan Sungai Mempura, Kecamatan Mempura.

Awalnya, nenek F beberapa hari lalu ingin berobat karena mengeluh demam. Setelah dilakukan pemeriksaan rontgen ternyata F juga mengidap Pneumonia (radang paru-paru).

Karena ada gejala Covid-19, F melanjutkan dengan pemeriksaan rapid test pada Jumat (10/7/2020) dengan hasil reaktif.

“Status F setelah dilakukan pemeriksaan dengan PCR, hasilnya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 pada Sabtu (11/7),” kata Wakil Sekretariat Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Siak, Budhi Yuwono Rabu (15/7/2020).

Saat ini F tengah menjalani perawatan secara intensif di RSUD Tengku Rafian Siak.

“Sekarang sudah diisolasi di RSUD dan kita rawat,” ungkapnya.

Budhi juga mengatakan belum mengetahui pasti riwayat penularan dari nenek berusia 80 tahun ini, karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid-19 sebelumnya.

Dari kasus positif Covid-19 nenek F itu, warga satu RT di lingkungan F tinggal harus dikarantina.

“Lokasi sekitar kediaman F sudah dikarantina sejak kemaren. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19,” kata dia.

Tidak itu saja, tim Gugus Tugas Covid-19 juga langsung melakukan tracing terhadap kontak erat pasien. Hasilnya didapat 19 orang yang mengaku melakukan kontak dengan F beberapa hari terakhir.

Warga yang pernah kontak dengan F itu langsung dilakukan rapid test dan pengambilan sampel swab di Puskesmas Mempura pada Selasa (14/7/2020).(Inf)