Klaster Sumsel di IKPP Perawang Kini Bertambah Menjadi 11

Siak(SegmenNews.com)-Karyawan sub kontraktor PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Perawang yang datang dari Sumatera Selatan (Sumsel) positif Covid-19, terus bertambah.

Jika sebelumnya hanya enam, kini bertambah lima orang, sehingga totalnya menjadi 11 orang. Sementara tiga lainnya dalam proses pemeriksaan dan saat ini diisolasi.

Demikian dikatakan Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Budhi L Yuwono, di Posko Covid Mess Pemda Jalan Hang Tuah Siak pada Senin (20/7/2020) petang.

Meski bertambah lima menjadi 11 orang, namun mereka positif bukan karena transmisi lokal, tapi sebaliknya mereka yang membawa Covid-19 dari wilayahnya.

“Makanya kami meminta pihak IKPP membantu karantina dan melakukan swab terhadap karyawan sub kontraktor yang pernah kontak dengan mereka, sehingga jelas perjalanannya,” jelas Budhi.

Budhi juga mengingatkan agar gerak cepat, agar transmisi tidak terjadi di Perawang, sehingga sisa lima orang lagi, karena mereka berjumlah 16 orang, terus dijaga dan dilakukan pengawasan.
“Hal ini masalah sangat serius, sebab dengan ditangani secara cepat dan benar, kami harapkan tidak ada penularan untuk warga sekitar maupun rekan kerja mereka,” jelas Budhi.

Dijelaskan Budhi, data yang diperoleh pihaknya pasien ke 276 yakni AS (24), pasien ke 278 ENY (32), pasien ke 279 RR (27), pasien ke 282 yakni BS (23) dan pasien ke 283 S (18) semuanya warga Sumatera Selatan yang bekerja di Siak.

Keenam pasien positif Covid-19 dari cluster Sumatera Selatan yang saat ini menjalani perawatan di Eka Hospital Pekanbaru, pasien ke 264 yakni H (30), pasien ke 265 yakni A (30) warga Sumsel bekerja di Siak, yang bersangkutan adalah kontak erat pasien positif sebelumnya yakni R (26).

Tiga lainnya yang kontak erat dengan R adalah pasien ke 266 yakni Fa (29), pasien ke 267 Rp (31) dan pasien ke 268 adalah S. (Inf)