Fasilitas RTH, Ketua LAMR Undang Lintas OPD Terkait

Meranti(SegmenNews.com)-Sejak diresmikan beberapa waktu lalu, Ruang Terbuka Hijau Lembaga Adat Melayu Riau (RTH LAMR) Kepulauan Meranti terus saja dipenuhi oleh pengunjung.

Seiring waktu berjalan, RTH yang dikelola oleh pengurus LAMR tersebut terus berinovasi untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung dengan melengkapi dan membenahi berbagai fasilitas yang ada.

Untuk itu LAMR mengundang dan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk pembenahan tersebut. Adapun OPD yang dilibatkan antara lain Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perhubungan, Satpol-PP dan Tim Gugus Tugas Covid-19, Selasa (1/9/2020) siang.

Ketua LAMR Kepulauan Meranti, Datuk Sri Muzamil Baharudin mengatakan dengan adanya LAMR ditengah RTH menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi pihaknya, apalagi secara umum LAMR ditunjuk sebagai pengelola.

“Dengan adanya LAMR ditengah RTH ini menjadi sebuah kehormatan bagi kami, apalagi kami ditunjukkan sebagai pengelola. Dengan maksud memberikan kenyamanan bagi pengunjung, kita perlu menyiapkan dan membenahi fasilitas yang ada. Untuk itulah kita mengudang OPD terkait untuk berkolaborasi mempersiapkan hal ini,” ujar Muzamil.

Dikatakan, petugas dari Satpol PP diminta untuk menertibkan para pedagang yang berjualan di badan jalan, serta menjaga keamanan bagi pengunjung. Untuk DLH, diminta untuk menambahkan penerangan di RTH dan menambahkan petugas kebersihannya.
Sementara itu Dinas Perhubungan diminta untuk melengkapi rambu- rambu lalu lintas, terutama rambu tanda keluar masuk kendaraan serta menggratiskan parkiran. Dan terakhir, untuk Tim Gugus Tugas diminta untuk menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung.

“Terkait penerangan yang kita minta dari DLH, sudah mereka ajukan anggarannya di APBD Perubahan, sementara itu untuk parkiran sudah kita minta untuk tidak dipungut retribusi nya, karena kita ingin pengunjung yang masuk ke RTH ini tanpa bayar dan gratis. Selain itu untuk Tim Gugus Tugas kita minta untuk menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung dengan menyediakan tempat cuci tangan dan mengingatkan untuk memakai masker,” kata Muzamil.

Ditambahkan Muzamil, pertemuan tersebut juga mendiskusikan terkait imbauan menggunakan pengeras suara di empat sudut Gedung LAMR yang isinya warkah LAMR terkait tata tertib di taman tersebut.

“Nanti semua OPD terkait kita berikan kesempatan. Gugus tugas untuk menyampaikan imbauan protokol kesehatan, DLH kita kasi kesempatan imbauan untuk menjaga taman mulai dari jangan menginjak rumput, menjaga kebersihan juga terkait larangan merokok, “pungkasnya.***(Ags)