Berbaur Dengan Mayarakat, Bupati Alfedri Ikut Balap Karung, Lestarikan Permainan Rakyat

Siak(Segmennews.com)-Bupati Siak Alfedri ikut berpartisipasi dalam Tournament Permainan Rakyat di lapangan bola kaki Kampung Sengkemang Kecamatan Koto Gasib, Sabtu (06/09/2020).

Ia terlihat bermain balapan karung dan mendapat sambutan meriah dari masyarakat.

Permainan rakyat ini dimunculkan kembali oleh Komite Permainan rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) di kecamatan Koto Gasib agar generasi sekarang mengetahui permainan anak zaman old (dahulu).

Ternyata, setelah dilaksanakan di 6 kampung diantaranya Kampung Sri Gemilang, Kampung Rantau Panjang, Kampung Pangkalan Pisang, Kampung Keranji Guguh, Kampung Buatan I, dan Kampung Sengkemang, warga sangat antusias mengikutinya.

“Permainan Rakyat ini sudah mulai hilang. Oleh karena itu dengan adanya organisasi KPOTI ini kita bangkitkan kembali permainan rakyat ini. Hal ini juga bisa dilaksanakan saat memperingati HUT RI,” kata Ketua Umum KPOTI Kabupaten Siak, Fairus.

Dalam kesempatan itu, Alfedri menyampaikan mengapresiasi atas terselenggaranya Turnament tradisional ini. Karena di zaman sekarang banyak dari generasi muda yang tidak tahu tentang permainan ini dikarenakan zaman semakin canggih dan lebih banyak fokus pada handphone.

“Permainan ini tidak bisa dihilangkan begitu saja, namun orangtua juga harus memiliki peran terhadap anak, agar anak-anak juga mengerti dengan teknologi baru sekarang,” kata Alfedri.

Disisi lain, Pemerintah akan memperhatikan pembangunan yang diinginkan oleh masyarakat seperti pada Tahun 2020 ini Kecamatan Koto Gasib mendapatkan 3 paket jalan.

“Ini juga merupakan forum silaturahmi. Mudah-mudahan Allah meridhoi segala niat baik kita,” ucap Alfedri.(INF)