Resahkan Warga, Petugas BPBD Meranti Amankan Seekor Buaya Muara

Resahkan Warga, Petugas BPBD Meranti Amankan Seekor Buaya Muara

Meranti(SegmenNews.com)-Petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepulauan Meranti berhasil mengamankan dan mengevakuasi seekor buaya muara yang sebelumnya sempat membuat resah warga di Desa Maini Darul Aman, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kamis (12/11/2020) malam.

Petugas yang mendapat laporan pukul 21.00 WIB tentang keberadaan hewan predatortersebut bergegas dan langsung terjun ke lapangan mengamankan agar tidak menimbulkan korban jiwa.

‚ÄúPukul 9 tadi malam kita mendapatkan laporan kepala desa dan meminta kepada kita untuk memasang jerat. Ketika kami siap-siap untuk meluncur ke lokasi kepala desa nelpon lagi jika buaya sudah masuk perangkap, dengan dibantu warga setempat kita langsung mengamankannya. Buaya itu panjangnya satu meter dan beratnya 40 kilogram,” kata Kepala Seksi Karhutla dan Kecelakaan, BPBD Kepulauan Meranti, Ekaliptus, Jum’at (13/11/2020) pagi.

Dikatakan Ekaliptus, Buaya tersebut sempat berkeliaran di pemukiman rumah warga hingga memicu ketakutan masyarakat, namun warga takut untuk menangkap apalagi membunuhnya.

“Selama ini buaya itu berkeliaran di pekarangan warga dan memangsa hewan ternak, makanya masyarakat resah dengan keberadaan buaya tersebut,” ujar Ekaliptus.

Lebih lanjut Eka mengatakan, buaya tersebut diduga berasal dari Sungai terdekat yang dimungkinkan masuk karena pasang air laut.

Direncanakan buaya tersebut akan dilepasliarkan di habitatnya yang jauh dari pemukiman warga.

“Rencananya pagi ini kami mau berkoodinasi dengsn BKSDA Provinsi Riau seperti apa tindak lanjutnya. Jika tidak ada tanggapan, Buaya tersebut akan kita kembalikan ke habitatnya. Untuk sementara biaya tersebut ada di kantor BPBD,” pungkas Ekaliptus.(Ags)