Gubri Usulkan Riau Jadi Tuan Rumah Haornas ke-39

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali menerima kunjungan kerja Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar. Pertemuan berlangsung di lantai 10, Gedung Graha Pemuda, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (11/5) siang.

Dikatakan Menpora, kedatangan Gubri dan jajaran, sejatinya untuk mengajukan diri agar Riau menjadi tuan rumah peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 yang akan digelar 9 September 2022 mendatang.

Menpora menjelaskan, bahwa sudah ada beberapa provinsi yang mengusulkan untuk menjadi tuan rumah Haornas tersebut.

Dengan demikian pihaknya akan mempertimbangkan dan akan melihat mana yang paling memungkinkan.

“Tapi saya tentu mengapresiasi dari apa yang sudah disampaikan Pak Gubernur ada keinginan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Haornas,” ujar Menpora dalam keterangan tertulis resmi,” Rabu (11/5/2022).

Selain itu Menpora menyampaikan, bahwa Gubri Syamsuar Riau siap mendukung paradigma baru olahraga dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan siap mendukung implementasinya di Riau.

“Beliau [Gubernu Riau] menyampaikan bagaimana Pemprov Riau menyambut paradigma baru olahraga kita yakni Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Dan siap mencocokkan dengan cabang-cabang olahraga yang sudah direkomendasikan untuk kita persiapkan untuk pembinaan prestasi olahraga nasional,” ujar Amali.

Sementara itu, Gubri Syamsuar menyampaikan apresiasi dan terima kasih, karena Menpora telah meluangkan waktu menerima rombongan dari provinsi Riau.

Syamsuar mengatakan, pihaknya siap menjadi tuan rumah Haornas ke-39 dan berharapĀ disupport dan disetujui Presiden RI Joko Widodo.

Pada kesempatan itu, Syamsuar menyampaikan dukungan lahirnya DBON sebagai pedoman pembinaan atlet. Dia pun berharap agar cabang olahraga Dayung masuk di dalam DBON. Pasalnya, banyak atlet Riau berprestasi di tingkat internasional dari cabor Dayung. ***(adv)