Warga Tambusai Utara Dambakan Pengaspalan Jalan Menuju Puskesmas

Salah satu warga yang dirawat di Puskesmas Tambusai Utara (foto:Yusrizal/SegmenNews.com)

Rohul(SegmenNews.com)- Warga Tambusai Utara, Kabupaten Rokan Hulu berjarap jalan menuju Puskesmas Tambusai Utara (UT) diaspal. Pasalnya jalan tersebut kerap berlumpur kalau turun hujan.

Dikatakan warga setempat Yamina, Senin (5/9/2022) kondisi jalan menuju Puskesmas harus menempuh jalan rusak dan bergelombang.

Apalagi jika turun hujan, jalan tersebut berlumpur dan berdebu jika musim kemarau.

Mirisnya, ketika orang sakit ingin berobat ke Puskesmas harus menempuh jalan rusak yang membuat badan semakin sakit, belum lagi orang hamil yang akan berobat.

Kondisi jalan tersebut juga dikeluhkan oleh Surtina, Warga Desa Mahato Sakti, kondisi jalan itu sudah lama seperti rusak, sedangkan yang berobat di Puskesmas itu cukup ramai, dengan penyakit yang berbeda.

“Kami sangat berharap bupati Rokan Hulu mendengarkan keluhan kami dan segera melakukan pengaspalan jalan,” harap mereka.

Terpisah, Kepala Puskesmas Tambusai Utara satu Suhabran SKM.MKN, membenarkan keluhan masyarakat yanh hendak berobat ke Puskesmas. Puskesmas ini membawahi Masyarakat dari sepuluh desa dan berobat mulai dari anak-anak sampai Lansia.

Kemudian puskesmas juga melayani Fasien Rawat Inaf yang dilayani oleh 4 Dokter, 2 orang PNS dan 2 orang Honorer dan rawatan tersebut sudah berjalan cukup lama.

Kemudian juga saat ini sedang dibangun pula Tempat persalinan Opstetri Neonatus Emirgensi  Dasar(PONED) dengan kondisi bangunan sudah berkisar  40 persen.

Gedung tersebut akan digunakan  untuk ruang  rawat Inap, juga untuk fasien emergensi dasar dan  rujukan dari Bidan desa yang kondisi fasiennya tidak teratasi, gedung tersebut akan dioperasi tahun 2023.namun persalinan sudah dilayani dengan 4 orang dokter, sementara akses jalan kurang memadai-(yus)