Wabup Rohul Buka Bimtek Laporan Keuangan Desa Secara Digital

Wabup Rohul Buka Bimtek Laporan Keuangan Desa Digital

Rohul(SegmenNews.com)-Wakil Bupati Rokan Hulu, H.Indra Gunawan membuka Bimbingan Teknis(Bimtek) terkait laporan keuangan desa secara digital kepada seluruh bendahara desa se Kabupaten Rokan Hulu, Senin(7/11/2022) di Hotel Sapadia.

Laporan keuangan secara digital tersebut akan diberlakukan di tahun 2023, oleh seluruh bendahara desa.

Hadir pada acara tersebut disamping Wakil Bupati H.Indragunawan juga hadir Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPKP) perwakilan Riau Fauki Akhmad Kharir,perwakilan Kepala DPMPD,Bendahara seluruh desa se Rohul.

Wabup, H.Indra Gunawan usai pembukaan acara mengatakan Bimbingan Teknis tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada seluruh Bendahara Desa terkait mambuat laporan keuangan desa yang selama ini dilakukan secara manual dan mulai tahun 2023 akan dilakukan laporan secara Digital.

Hal ini bertujuan untuk memperpendek rentang kendali antara Inspektorat dengan desa yang bersangkutan,”Selama ini setiap laporan keuangan dari desa petugas Inspektorat di langsung turun ke lapangan jemput bola,dan itu terlalu rumit dalam melakukan peninjauan karena banyaknya desa di Kabupaten Rohul,”ujar Wabub.

Sesuai dengan hal tersebut kata Wabub mulai tahun 2923 akan diberlakukan laporan secara Digital oleh Bendahara dan akan di Monitor oleh Inspektorat Kabupaten Rohul.

Wabub menghimbau kepada seluruh Bendahara yang hadir supaya betul-betul mengikuti bimbingan agar setelah berakhir nantinya seluruh Bendahara betul-betul mengerti dengan laporan Digital tersebut.

Sementara itu Inspektur Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu Helfiskar SH,MH ditempat yang sama mengatakan Bimtek ini dilakukan selama dua hari dan bukan hanya Teori saja akan tetapi juga Praktek bahkan lebih banyak Prakteknya daripada teori sampai para Bendahara betul-betul mengerti dengan laporan secara Digital.

“Bimbingan ini dilakukan lebih banyak Praktek daripada Teori sehingga tidak ada seorang bendaharapun yang tidak mengerti akan laporan secara Digital tersebut”Sambung Helfiskar.

Inspektur juga menyampaikan setelah dilakukan Bimtek ini kepada Bendahara pada Minggu terakhir Nopember ini akan disambung lagi,akan tetapi diikutsertakan mulai dari Kepala Desa,Sekretaris desa dan Bendahara dengan tujuan pada tahun 2023 Seluruh Kepala Desa,Sekdes dan Bendahara tahu membuat laporan Digital tersebut.

,”Di tahun 2023 seluruh Kepala desa tidak lagi melaporkan keuangannya secara manual dan sudah secara digital”,Ujar Helfiskar mengakhiri.(yus)

Kades pertahana tidak akan dikeluarkan Rekom kalau masih ada tunggakan Pajak

ROKAN HULU-Kepala desa(Kades) pertahana yang ingin mencalon Kepala desa yang ingin maju pada Pilkades Serentak pada tanggal 8 Desember ini tidak akan di keluarkan Rekom bebas temuan kalau masih ada tunggakan pajak di desanya.

Hal ini ditegaskan oleh Inspektur Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu(Rohul)Helfiskar SH.MH usai pembukaan Bimtek laporan keuangan Desa Senin(7/11)di Hotel Sapadia Rohul.

Disampaikannya,pada Pemilihan Kepala Desa(Kades)serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Desember nanti sebanyak 69 desa di Kabupaten Rohul akan melaksanakan Pilkades.

Pada pemilihan tersebut cukup banyak Kades pertahana yang akan maju sebagai calon,namun calon pertahana baru bisa dikeluarkan surat rekomendasi bebas temuan dilihat dari tunggakan pajak yang harus mereka bayar,

Sesuai dengan aturan yang bisa di keluarkan Rekomendasi adalah yang tunggakan pajaknya nol persen,dan kalau masih ada tunggakannyaRp.0,45 rupiah harus dilumasi dulu baru bisa di Rekom.

“Bagi pertahana yang masih ada tunggakan pajaknya tidak akan diberikan rekomendasi bebas tugas, jangankan ratusan juta tunggakan nya Rp 0’45 ribu saja tidak akan diakomodir,” tegas Helfiskar.

Inspektur juga mengatakan untuk pelunasan tunggakan pajak tersebut terakhir tanggal 21 Nopember ini,”bagi calon pertahana yang tidak melunasi tunggakan pajaknya sampai tanggal 21 Nopember ini tidak akan di BNN KK eluarkan rekomendasi bebas temuan oleh Inspektorat Kabupaten Rokan Hulu,” tambahnya.-(yus)