Gubernur Syamsuar Percepatan PPDB

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Kebijakan Gubernur Riau Syamsuar yang mempercepat pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) disambut antusias oleh Kepala Sekolah (Kepsek) di Riau.

Sebab jika PPDB dimajukan pihak sekolah punya banyak waktu untuk melakukan seleksi. Selain itu saat tahun ajaran baru pihak sekolah juga tidak dipusingkan lagi dengan penerimaan siswa baru sebab sudah jauh-jauh hari dilaksanakan.

“Kalau dimajukan kita siap, supaya nanti pas tahun ajaran baru kita tidak memikirkan PPDB lagi,” uja Kepala Sekolah SMA Negeri 7 Pekanbaru, Dr Nurhafni, Minggu (12/2/2023).

Afni mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan informasi terkait rencana PPDB di Riau yang akan dimajukan.

“Iya, kami sudah diberitahukan terkait dimajukannya PPDB,” kata Afni.

Pihak sekolah mengaku sudah siap jika memang nanti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dipercepat. Sesuai rencana, tahapan PPDB tahun ini akan dimulai Maret. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dimulai Juni.

Pihak sekolah mengaku sudah siap jika memang nanti PPDB harus dimajukan. Sebab PPDB merupakan kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan setiap tahunnya.

“Insyaallah kita siap, karena ini kan rutin setiap tahun, sarana pra sarana juga sudah kita siapkan,” katanya.

Seperti diketahui, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK negeri tahun ajaran 2023/2024 untuk jenjang SMA/SMK Negeri di Provinsi Riau diperkirakan akan dipercepat.

Jika sebelumnya PPDB digelar dibulan Juni akhir hingga awal Juli, pada tahun ini dijadwalkan akan dimajukan di bulan Maret.

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengungkapkan, PPDB dilaksanakan tiga bulan sebelum tahun ajaran baru dimulai. Hal ini dipercepat agar penerimaan PPDB tahun 2023 bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan.

“PPDB ini kan yang biasa banyak masalah itu di Kota Pekanbaru. Tapi tahun ini kita sudah ada bangun tiga unit sekolah baru di Pekanbaru untuk mengurangi persoalan daya tampung,” katanya, Jumat (10/2/2023) lalu.

Gubri menyampaikan, tiga unit sekolah baru di Pekanbaru itu nantinya sudah bisa melakukan penerimaan siswa baru melalui PPDB.

“Makanya nanti terhadap sekolah yang baru ini sudah bisa buka untuk PPDB tahun ini, sehingga ada kesempatan anak-anak kita untuk masuk sekolah negeri,” ucapnya.***(mc)