Pekanbaru Dilanda Hujan Es, Ini Kata BMKG

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Sejumlah wilayah di kota Pekanbaru dilanda hujan es, Sabtu sore 25 Maret 2023.

Angin kencang dan petir disertai hujan deras membawa butiran-butiran es kecil yang jatuh di pekarangan dan atap rumah warga membuat heboh.

Kondisi tersebut langsung dijawab oleh BMKG melalui situs resminya, penyebab terjadinya fenomena hujan es adalah karena dipicu oleh adanya pola konvektifitas di atmosfer dalam skala lokal-regional yang signifikan.

Menurut BMKG, hujan es salah satu fenomena cuaca ekstrem yang terjadi dalam skala lokal dan ditandai dengan adanya jatuhan butiran es yang jatuh dari awan. Hujan es dapat terjadi dalam periode beberapa menit.

Hujan es terbentuk dari sistem awan konvektif jenis Cumulonimbus (Cb) yang umumnya memiliki dimensi menjulang tinggi.

Hal ini menandakan bahwa adanya kondisi labilitas udara signifikan dalam sistem awan tersebut. Sehingga, hal ini dapat membentuk butiran es di awan dengan ukuran yang cukup besar.

Besarnya dimensi butiran es dan kuatnya aliran udara turun dalam sistem awan CB atau yang dikenal dengan istilah downdraft dapat menyebabkan butiran es dengan ukuran yang cukup besar yang terbentuk di puncak awan CB tersebut turun ke dasar awan hingga keluar dari awan dan menjadi fenomena hujan es.***(rn)