Nono Patria Pimpin Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Pansus LKPJ

Nono Patria Pimpin Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Pansus LKPJ

Rohul(SegmenNews.com)- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Rokan Hulu (Rohul) Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Panitia Khusus (Pansus) Tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2022, Selasa (9/5/2023).

Rapat Paripurna dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Rohul di Jalan Panglima Sulung, Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah dipimpin Wakil Ketua DPRD Rohul Nono Patria Pratama, SE dihadiri 23 orang Anggota DPRD, Bupati H.Sukiman, Perwakilan Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD Plt.Sekwan DPRD setempat diawali dengan laporan Protokol.

Dalam Laporannya Ketua Pansus LKPJ Bupati Rohul Ali Imran mengatakan, LKPJ Bupati Rohul tahun 2022 sudah dilakukan pembahasan dan analis secara menyeluruh setelah LKPJ tersebut diterima DPRD Rohul melalui Rapat Paripurna sebelumnya.

“Selama pembahasan dan analis dilakukan, Pansus LKPJ Bupati Rohul Tahun 2022 menyampaikan 10 Rekomendasi yang harus ditindaklanjuti pada tahun 2023 ini oleh Bupati Rohul,” kata Ketua Pansus LKPJ Bupati Rohul Aly Imran dari Fraksi Nasdem.

Dalam Rekomendasi Pansus LKPJ Bupati Rohul tersebut yakni

1. Tentang Polemik di Masyarakat 5 Desa di Perbatasan Kabupaten Rohul – Kampar untuk diperjuangkan kembali masuk ke wilayah Rohul.

2.Terdapat Penyajian Data Pada Indikator APK yang disajikan di Dua kegiatan sambungan Rumah SPAM yang dituangkan dalam LKPJ, sehingga diminta kepada Bupati Rohul untuk lebih serius dan tidak memandang enteng LKPJ atau hanya sekedar untuk menjalankan undang-undang semata.

3 Pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2022 sebesar Rp 108 Miliar dari Rp 131 Miliar atau hanya bisa tercapai 82 persen dari target untuk dilakukan langkah dengan menggali dari berbagai sumber lain untuk peningkatan PAD Rohul di tahun 2023 ini.

4 Pelayanan Kesehatan pelayanan kepada untuk ditingkatkan serta pemenuhan Kouta BPJS Kesehatan bersumber dana APBN

5. Bangunan Gedung RSUD, Bangunan Awal Kantor DPRD yang sudah bertahun-tahun mangkrak terbengkalai untuk dilanjutkan pembangunannya.

6. Memperhatikan Penanganan, pengelolaan pemenuhan Air Bersih Kebutuhan Masyarakat Yang sudah dikeluhkan selama ini.

7.Belum terlaksananya pembangunan Fisik Stadion Sepakbola Kabupaten Rokan Hulu Yang anggarannya bersumber dari APBN dengan dana penunjang APBD Rohul Tahun 2022 untuk dilakukan koordinasi insentif dengan pemerintah pusat agar pada tahun 2023 Pembangunan fisik stadion bola dapat direalisasikan.

8 Untuk memperhatikan Tenaga Pendidikan pembangunan sarana dan prasarana yang Perlu diperhatikan untuk ditingkatkan.

9. Untuk ditingkatkan perhatian khusus di seluruh Ikon Wisata Religi, Wisata Umum, Cagar Budaya Negeri Seribu Suluk yang kita cintai ini.

10. Pendataan hingga Pemeliharaan seluruh berbagai aset, bangunan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

“Sepuluh Rekomendasi ini kita diminta Bupati Rohul untuk ditindaklanjuti dan Pemerintah lebih serius membangun Rokan Hulu kedepan,” kata Anggota DPRD Fraksi Nasdem Ali Imran

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati H. Sukiman menyampaikan ucapan terima kasih banyak dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Pimpinan dan Anggota DPRD Rohul terkhusus Pansus LKPJ Kepala Daerah tahun 2022 yang telah dilakukan pembahasan dan analis secara menyeluruh.

Lanjutnya, semua capaian hingga hari ini tidak terlepas dari dukungan kerja keras dan komitmen bersama atas kebijakan seluruh kegiatan yang sudah disusun yang ditetapkan bersama-sama antara Pemerintah dan DPRD, serta dukungan Forkompimda dan seluruh komponen masyarakat Rohul yang dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan yang ada sesuai arah kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPMJD) Tahun 2021-2026.

“Tentang Rekomendasi Pansus yang sudah kita dengar bersama-sama sesuai amanat konstitusi, merupakan komitmen dan tanggungjawab bersama pemerintah Rohul dan DPRD untuk melakukan evaluasi berbagai kelamahan dan kekurangan secara bersama-sama dengan menyiapkan langkah-langkah penyusunan penyelenggaraan pembangunan dan anggaran yang digunakan serta penyusunan pembangunan startegis,” ujarnya.(fit)