Ciptakan Kondisi Kondusif, Kajati Riau Ikuti Rakor Lintas Sektoral

Ciptakan Kondisi Kondusif, Kajati Riau Rakor Lintas Sektoral

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Untuk menciptakan situasi aman dan kondusif menjelang natal dan tahun baru. Lintas Sektoral Provinsi Riau mengadakan Rapat Koordinasi yang dihadiri langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Akmal Abbas,SH,MH, Senin (18/12/23).

Rakor Lintas Sektor Operasi Lilin Lancang Kuning ini berlangsung di Mapolda Riau.

Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.IK., M.H menyampaikan Rapat Koordinasi hari ini merupakan langkah persiapan dalam pengamanan perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

Diharapkan melalui rapat koordinasi ini terjaminnya keamanan dan kenyamanan masyarakat di Provinsi Riau. Dan juga, dapat terwujudnya situasi dan kondisi kamtibmas yang aman, kondusif, dan terkendali baik sebelum pada saat dan pasca Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Riau M. Taufiq OH, Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Eddy Afrizal Natar Nasution, S.IP menyampaikan bahwa atas nama Pemerintah Provinsi Riau, menyambut baik akan diselenggarakannya Operasi Lilin Lancang Kuning Tahun 2023 dimana Operasi tersebut merupakan operasi pengamanan perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 oleh Polda Riau.

Momentum perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 yang ditunggu tunggu masyarakat Indonesia khususnya di Provinsi Riau di setiap penghujung tahun dengan dilakukannya berbagai kegiatan yang tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

Kemudian, disampaikan juga, dalam pengamanan perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024 terdapat berbagai situasi yang harus diwaspadai. Diantaranya, meningkatnya permintaan kebututahan pokok dan BBM.

Dinas terkait diminta untuk monitoring lapangan bersama satgas pangan dan stakeholder terkait guna memastikan ketersedian pasok pangan. Dan juga, Kepada Tim Pengendali Inflasi di Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota bersama perangkat daerah dan instansi terkait terus melakukan upaya- upaya dalam mengendalikan inflasi.

Pada sisi kesehatan, Gubernur Riau meminta waspada terhadap lonjakan kasus Covid- 19. Selanjutnya, dari sisi keamanan, beberapa potensi gangguan yang harus diwaspadai seperti kemacetan dan kecelakaan lalu lintas jalan serta kepadatan di Bandara, Terminal, maupun di Pelabuhan.

Dinas PUPR juga diminta agar memastikan kondisi jalan Provinsi dalam keadaan baik dan layak jalan.

Selanjutnya, terkait dengan potensi bencana alam, mengingat kondisi musim penghujan, Pemerintah Provinsi Riau melalui BPBD telah menyiapkan tim tanggap bencana, tim rehabilitasi dan sarana prasarana pendukung disertai dengan penguatan edukasi tanggap bencana kepada masyarakat.***(ran)