Warga Gembira Hanya Rp50 ribu Bisa Beli Beras Sekarung

Disketapang Kota Pekanbaru menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Jalan Rambutan, Halaman Masjid Nurul Iman Komplek PT Perkebunan Nusantara V –

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dijalankan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Pekanbaru masih disambut antusias oleh masyarakat.

Khususnya pada masyarakat di Jalan Rambutan, yang mendatangi GPM pada Kamis, (14/12) kemarin. Meski hujan sempat mengguyur, sejumlah masyarakat tetap berbondong-bondong membeli sembako di GPM.

Kegiatan yang dilaksanakan, tepatnya di Jalan Rambutan, Halaman Masjid Nurul Iman Komplek PT Perkebunan Nusantara V, di Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai itu pun tumpah ruah dengan antusiasme warga khususnya kaum ibu yang hendak berbelanja bahan pangan untuk kebutuhan rumah tangga.

Apalagi, harga yang ditawarkan pada pelaksaan GPM ini benar-benar membuat para warga tersenyum.

”Ya, pasti senang kami Pak, soalnya harganya memang murah-murah. Ini cabai merah bukit cuma Rp46.000 per kilogram, beras SPHP Rp50.000 per kemasan 5 kilogram, gula juga murah, hanya Rp12.000 per kilogram,”ungkap Tri Anugerah, salah seorang pengunjung.

Dia menjelaskan, harga semurah itu tidak mereka dapatkan di pasar saat ini. Karena itulah, dia bersama sejumlah warga lainnya merasa sangat beruntung karena bisa berbelanja di GPM ini. Itu juga yang diungkapkan Kartini, warga lainnya yang berbelanja minyak goreng, telur dan beras.

”Ini saya rencananya mau beli gula, tapi stoknya cepat habis. Harusnya bisa lebih banyak lagi. Tapi bgitu pun, kami merasa puas, karena memang kali ini beli kebutuhan pangan untuk di rumah tapi harganya murah sekali,” beber dia.

Dia pun menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pekanbaru, khususnya Pj. Wali Kota Muflihun dan Dinas Ketahanan Pangan dan PTPN 5 yang telah melaksanakan Gerakan Pangan Murah ini.

”Kepada Pak Pj.Wali Kota, Bapak Muflihun, jajaran Dinas Ketahanan Pangan juga PTPN 5, kami menyampaikan terima kasih karena sudah melaksanakan kgiatan ini. Kalau bisa setiap minggulah ada kegiatan ini, karena kami benar-benar sangat terbantu dengan harga yang diberikan,” ungkap Kartini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, H Maisisco dalam sambutannya saat membuaka GPM di kompleks perkantoran PTPN 5 yang kini telah berganti nama menjadi Sub Holding PalmCo itu juga mengapresiasi tingginya animo masyarakat.

”Bagi kami pemerintah, pelaksaan GPM ini adalah bukti kalau pemerintah habis dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat, khususnya kenaikan harga sejumlah komoditas pangan. Kami berharap, kegiatan ini bisa membantu masyarakat dalam meningkatkan daya beli, khususnya untuk kebutuhan pangan keluarga,”ungkap Maisisco.

Mantan pelaksana tugas Sekretaris DPRD Pekanbaru ini mengungkapkan, tingginya animo ini menunjukkan masyarakat sebenarnya ingin berbelanja. Dan itu sejalan dengan momentum Natal dan Tahun Baru, dimana kebutuhan masyarakat akan pangan memang lazimnya mengalami lonjakan.

”Tapi Alhamdulillah, hari ini kita melihat daya beli masyarakat sangat tinggi, dan persediaan pasokan pangan juga lancar. Kami senantiasa berharap semoga situasi ini terus terjaga hingga menjelang akhir tahun 2023 ini, dan memasuki awal tahun 2024,” jelas Maisisco.

Sementara itu, Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan DKP, DInal Husna mengungkapkan, pada GPM yang dilaksanakan di Jalan Rambutan ini, setidaknya pihaknya menyediakan total 10 ton komoditas pangan keluarga.

”Totalnya yang kita sediakan hari ini sebanyak 10 ton, terdiri dari beras SPHP sebanyak 2,5 ton, beras mudik (premium) 1 ton, minyak goreng Minyakita sebanyak 1,5 ton, gula sebanyak 1/4 ton, cabai merah bukit sekitar 1/2 ton, bawang sebanyak 1/2 ton, juga beberapa komoditas lainnya seperti telur, ayam dan aneka pangan olahan turunan,” jelas Dina.

”Alhamdulillah, semua yang kita sediakan habis terjual. Dengan rentang harga yang cukup jauh dibandingkan pasar, GPM ini memang menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat, khususnya di Kota Pekanbaru.

Sebelum dilaksanakan GPM, dilakukan seremoni pembukaan acara yang dihadiri perwakilan dari para steke holder, di antaranya Sub Holding Palm Co yang dipimpin Head Region Regional 3 PTPN 4 Palm Co, Rudianto.

Berikut adalah harga yang diberikan pada GPM di Jalan Rambutan:

1. Beras SPHP Bulog Rp50.000 per karung 5 kilogram

2. Beras Anak Daro Rp72.000 per karung 5 kilogram

3. Cabai merah bukit Rp46.000 per kilogram

4. Telur Rp44.000 per papan.

5. Minyak goreng minyakita Rp12.000 per liter

6. Gula Pasir Rp12.000 per kilogram

7. Bawang merah Rp20.000 per kilogram.(kmf)