Demo Ratusan Warga Ulak Patian Dihadang Sekuriti PT SJI, Ini Tuntutannya

Demo Ratusan Warga Ulak Patian Dihadang Sekuriti PT SJI, Ini Tuntutannya

Rohul(SegmenNews.com)- Ratusan masyarakat Desa Ulak Patian, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu, Riau melakukan aksi demo di Perusahaan kelapa sawit PT SJI Coy, namun sayangnya masyarakat dihadang sekuriti, Senin (9/1/2017).

Demo berlangsung dari pagi hari hingga pukul 13.00 WIB. Walaupun semat dihadang sekuriti masyarakat terus melakukan aksi orasinya.

Ada beberapa poin tuntutan yang disampaikan koordinator aksi, Supardi dan Edi, diantaranya, menuntut perusahaan memperjelas konversi lahan sawit pada pola KKPA seluas 375 hektare, sesuai MoU sebelumnya.

Selanjutnya masalah limbah pabrik kelapa sawit PT SJI Coy, yang saat ini sudah memasuki wilayah Desa mereka, bahkan sudah membanjiri halaman salah satu sekolah.

Ratusan masyarakat juga menuntut pihak memperjelas MoU bagi hasil 60-40 persen dan mempertanyakan terkait tanggul yang dibuat perusahaan selama ini sangat mengganggu aktifitas masyarakat.

“Untuk hal ini kami minta Pemerintah Rokan Hulu yang saat ini Plt Bupati H Sukiman khususnya Dinas terkait untuk melihat nasib kami masyarakat Desa Ulak Patian atas kitidak adilan PT SJI Coy, yang sudah lama beroperasi diwilayah Desa kami, cantohnya sekuriti yang warga Desa Ulak Patian, Perusahaan memberhentikan mereka secara tidak hormat dan mereka diganti bukan orang tepatan atau yang didatangkan dari Luar daerah Rohul dan Riau seperti dari Flores,” orasi kordinator yang diserukan oleh ratusan yang Aksi damai itu.

Terlihat pada aksi itu ada beberapa staf perusahaan tersebut yakni, Manager PKS P. Sirait, Romi Ferial Lubis Askep, Aguslan Asisten KKPA, selain itu puluhan anggota Polres Rohul dan Polsek Kepenuhan Siaga untuk mengatisipasi aksi selama berlangsung.

Hingga aksi berakhir situasi aman dan kondusif, masyarakat membubarkan diri secara teratur, tampak Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto SIK MH, Kasat Sabhara AKP S. Sinaga, Kapolsek Kepenuhan AKP Fatman dan Lainnya serta dan 42 orang personil dari berbagai satuan di Polres Rohul yang dibantu Anggota TNI Dari Intel Korem Koramil 14 Kepenuhan Kapten Inf Syahril.

Dan di akhir aksi manajemen perusahaan setempat MoU dengan perwakilan masyarakat Desa Ulak Patian di Kantor PKS PT SJI Coy tersebut.***(Fitri)