Gubri: Event Pacu Jalur Kuansing Masuk Calender Of Iven Wonderful Indonesia

Gubri saat membuka pacu jalur di Kuansing

Kuansing(SegmenNews.com)- Gubernur Riau, Arsyad Juliandi Rahman resmi membuka event pacu jalu di Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Rabu (29/07/18).

Dikesempatan itu, Andi Rahman, sapaan akrab Gubri menyampaikan kebanggaannya terhadap budaya warisan Kuansing ini terpopuler dan menjadi event tertua di Indonesia. Bahkan event pacu jalur ini masuk ke Calender Of Iven Wonderful Indonesia.

Saat ini, kata Gubri, Riau memiliki aset warisan tak benda dan telah memiliki pariwisata yang berbasis budaya sebanyak 35 budaya.

Disisi lain, event pacu jalur yang dikunjungi lebih dari 3000 orang dari berbagai daerah ini secara otomatis bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Perwakilan Kementerian Pariwisata dan Budaya, Hesti Reko Astuti juga berharap event pacu jalur ini terus dilestarikan. Sebab event ini telah mampu menarik perhatian para wisatawan.

Disisi lain, Bupati Kuansing, Mursini mengungkapkan bahwa pacu jalur Kuansing telah menerima penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) pada tahun 2017 lalu.

Ia berharap event ini akan terus meningkat setiap tahunnya

Dikesempatan itu, Ketua umum panitia Festival pacu jalur 2018 H.Halim memaparkan pacu jalur nasional tersebut dilaksanakan selama 4 hari di tepuan narosa yang di ikuti 181 jalur yakni 162 jalur dari kuansing 22 jalur dari Kabupaten Inhu, 1 jalur dari Siak, dan 1 jalur dari Kota Pekanbaru.

Dikatakan wabup sebelumnya pacu jalur mini telah dilaksanakan pada tanggal 25- 38 agustus 2018 yang di ikuti oleh 28 jalur mini dari kabupaten
Kuansing dan Inhu.

Acara pembukaan tersebut hadir dari staf Ahli kementrian pariwisata RI bidang holtikultura Dra.Hesti Reko astuti, anggota DPRD Prov riau, DPRD kab kuansing, sekda kuansing Dianto Mampanini , kapolres kuansing Fibri karpiananto, Dandrem , bupati dan wakil bupati se Riau, serta sejumlah kadis di lingkungan pemkab kuansing dan tokoh masyarakat, tokoh agama di kuansing. Lind.***(Lind)