Mengenal Sosok Andika Putra Kenedi, Ikhlas Ingin Lebih Bermanfaat Bagi Masyarakat

Andika Putra Kenedi bersama pasien DBD, Nenda Sagita dan orangtuanya saat dirawat di RSUD Duri

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Berguna bagi orang banyak menjadi salah satu pondasi dalam hidupnya. Hal itu dinilai menambah indah dan manisnya kehidupan.

Sifat itu, membuat sosok Andika Putra Kenedi dekat dengan masyarakat. Bahkan masyarakat di wilayah tinggalnya di Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis dan sekitarnya tak segan-segan meminta bantuannya.

Andika Putra Kenedi saat membantu pasien di RSUD Duri

Pria kelahiran Duri 01-01-1990 ini memberikan bantuan semampunya dengan ikhlas. Baginya membantu dan menolong orang lain bukan hanya melalui materi namun bisa juga nonmateri.

“Hidup ini punya prinsip. Harus saya jalani, artinya kita hidup harus berguna bagi orang banyak, semampu kita harus berbuat kebaikan,” tegas Andika saat berbincang-bincang dengan SegmenNews.com, Senin (5/11/18).

Keinginan mulia membantu masyarakat banyak itu berangkat dari saat dirinya duduk di bangku kuliah di UIR Teknik Geologi tahun 2012 lalu.

Ketika itu, ia sangat miris melihat masih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan, baik segi kesehatan, pendidikan, perekonomian dan ketenaga kerjaan.

Hidup digaris kesederhanaan, membuatnya lebih mengerti yang dibutuhkan masyarakat. Bantuan demi bantuanpun dilakukannya hingga saat ini.

Andika Putra Kenedi (baju batik) saat memperjuangkan hak hak masyarakat dengan perusahaan

Mulai dari memperjuangkan hak-hak pekerja atau masyarakat yang bekerja diperusahaan dan sengketa lahan masyarakat dengan perusahaan.

Sedangkan bidang kesehatan, anak pertama dari tiga bersaudara ini juga berupaya semaksimal mungkin mengulurkan tangannya. Seperti yang dilakukannya baru-baru ini, ia membantu dan mencarikan solusi untuk biaya perawatan masyarakat kurang mampu di RSUD Duri.

Pasien Demam Berdarah, Nenda Sagita Pardede, warga Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, ketika itu mengaku bangga memiliki tokoh muda yang energik dan murah hati.

Ia berharap, Andika Putra Kenedi tetap rendah hati, berbuat kebaikan bagi orang banyak dan selalu sukses dalam perjalanan hidupnya.

“Terimakasih buat Andika yang sudah membantu kami. Mudah-mudahan sifat rendah hati suka menolong tetap awet sampai kapanpun. Semoga dia sukses selalu,” doanya.

Walaupun telah berbuat banyak, namun pemilik sapaan akrab Andika Sakai ini marasa belum puas, menurutnya apa yang dilakukannya belum begitu banyak manfaat, sebab masih banyak aspirasi masyarakat yang ia perjuangkan belum terakomodir di DPRD.

Andika Putra Kenedi saat memperjuangkan aspirasi masyarakat di Gedung DPRD Riau

Agar perjuangan maksimal, ia berupaya duduk di kursi DPRD dengan mencalonkan diri sebagai anggota DPRD tahun 2019. Saat ini Andika masuk di daerah pemilihan V, Kecamatan Bathin Solapan dengan nomor urut 2, Partai Nasdem.

“Pengabdian sebagai anggota DPRD, tentu nantinya tidak pernah berhenti dibutuhkan oleh orang lain. Pada saat itulah sesungguhnya perjuangan. Seberapa manfaatkah saya untuk orang banyak?, seberapa manfaatkah saya untuk kehidupan mendatang?. Yang terpenting kita sudah punya kuasa memperjuangkan aspirasi masyarakat di pemerintahan,” ujarnya.

Keinginan itu tentunya telah mendapatkan restu dan dukungan secara tertulis dari para kelapa Suku Sakai diantaranya, Kepala Suku Sakai Bathin Sobanga, H.M Yatim, Kepala Suku Sakai Bathin Bumbung, Abdul Rahman, Kepala Suku Sakai Bathin Bomban Petani, Bukhori dan lainnya.

Bahkan restu juga ia peroleh dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kecamatan Bathin Solapan, prosesi adat Tepuk Tepung Tawar pun telah dijalaninya, Sabtu (27/10/18) pekan kemarin.***(Edi)