Evakuasi Kami, Jangan Tunggu Terjadi Kematian Massal Karena Asap

Mahasiswa saat berorasi di luar pagar kantor Gubernur Riau
Mahasiswa saat berorasi di luar pagar kantor Gubernur Riau

Pekanbaru(SegmenNews.com)- Kabut asap di Kota Pekanbaru semakin menyesakkan, Senin (14/9/2015) pagi kondisi cuaca pada tera Indeks Standar Pencemar udara (ISPU) menunjukkan kualitas udara Pekanbaru berbahaya. Para mahasiswa berunjuk rasa di depan kantor Gubernur menuntut Pemerintah segera mengevakuasi masyarakat Riau.

Dalam teatrikalnya, mahasiswa meminta pemerintah mengavakuasi ibu hamil, bayi, balita, anak-anak dan lansia. Sebab kabut asap di Riau sekamin menyesakkan nafas. Sebab tidak ada lagi tempat untuk bersembunyi, kabut asap sudah menguasai rumah-rumah masyarakat.

Selain itu mahasiswa juga menuntut, meliburkan guru-guru THL. pegawai diseluruh instansi khusunya di Kota Pekanbaru, sebab mereka juga manusia yang membutuhkan udara yang segar dan sehat.

“Pemerintah harus segera mengavakuasi masyarakat, dan meliburkan pegawai, sebab mereka juga manusia. Jangan sampai terjadi kematian massal akibat kabut asap ini,” teriak Korlap Ampera, Zainuddin. Baca juga: Warga Mulai Mengungsi>>>

Setelah beberapa menit menyampikan berorasi, mahasiswa bergeser ke tugu Zapin untuk menyampaikan aksi keluhan akan kabut asap semakin berbahaya ini.

Beberapa pengendara yang menggunakan masker tampak mengeluarkan air mata, karena merasa manas dan perih akibat kabut asap yang menerpa mata mereka. Sanggupkah Pemerintah menyesaikan permasalahan langganan tiap tahun ini?. ***(chir)