Bulan Depan, Seluruh Guru di Indonesia Uji Kompetensi

guruSegmenNews.com- Bulan depan, semua guru di Indonesia akan dites. Uji Kompetensi Guru (UKG) ini dimaksudkan meningkatkan kompetensi para guru di Tanah Air.

“Semua guru ikut, tanpa terkecuali,” ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Sumarna Suraptanata, Jumat(25/9/2015).

Dalam acara Peluncuran Buku dan Dikusi Studi Latar Belakang Penyusunan RPJMN Bidang Pendidikan 2015-2019 tersebut, Pranata menyampaikan, banyak guru tidak memiliki kompetensi sesuai standar, tetapi mendapatkan tunjangan yang sama. UKG kali ini sendiri akan menuntut kemampuan guru dalam dua hal yaitu kemampuan profesional dan kemampuan pedagogik.

“Saat ini masih banyak sekolah yang merekrut guru bukan bergelar S-1. Karena itulah nanti akan kita perbaiki. Sekolah swasta dan negeri tidak boleh lagi merekrut di luar kualifikasi minimal itu,” imbuhnya.

Pranata menegaskan, para guru punya kewajiban untuk meningkatkan kompetensi mereka. Hasil UKG nantinya akan menjadi acuan program pelatihan lanjutan yang harus dijalani para guru. Kelompok guru dengan nilai UKG rendah harus menjalani lebih banyak pelatihan ketimbang para guru yang mendapat nilai tinggi pada UKG.***

Sumber: okezone