Tragedi Mina, 3 Warga Indonesia Meninggal 1 Terluka Serius

Sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan ibadah haji lempar jumrah. Foto oleh EPA
Sebagai bagian dari rangkaian pelaksanaan ibadah haji lempar jumrah. Foto oleh EPA

SegmenNews.com- Menurut Menteri Luar Negeri dan Menteri Agama, tiga warga Indonesia meninggal dalam musibah Mina, Kamis, 24 September.

“Jadi yang sudah kami terima ada WNI yang menjadi korban yakni atas nama Bapak Hamid Atwitarji dan Ibu Syaisiyah Syahril Abdul Gafar, tapi itu terus kami konfirmasi,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di New York.

Hamid berasal dari Surabaya, sementara Syaisiyah berasal dari Batam.

Menteri Agama Lukman Saifuddin mengonfirmasi ini, mengatakan bahwa selain dua orang tersebut, masih ada satu laki-laki yang identitasnya masih belum jelas.

“Tadi di RS Mina Al-Jisr saya dapati korban wafat WNI yang identitasnya masih dilacak, karena yang bersangkutan tanpa kenakan gelang dan tanda pengenal lainnya,” kata Lukman pada Rappler.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, ada seorang jemaah Indonesia terluka dalam musibah tersebut. Saat ini ia masih dirawat di RS An Nur.

Setidaknya 717 orang meninggal dan 805 terluka karena terinjak-injak saat pelemparan jumrah di Mina. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, ini terjadi karena sebagian jemaah berhenti bergerak yang mengakibatkan jemaah di belakangnya mendorong.***(Antara/Rappler.com)